Sukses

Piring Kotor hingga Sisa Makanan, 5 Hal Ini Bisa Mengundang Kecoak Masuk Rumah

Berikut adalah faktor yang mengundang kecoa ke dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kecoak merupakan salah satu hama rumah tangga yang paling sering kita jumpai. Kecoak juga dipandang sebagai salah satu hama yang paling tangguh dan gigih karena kemampuan mereka untuk beradaptasi dalam kondisi ekstrem.

Banyak orang percaya bahwa kecoak hanya tinggal di lingkungan yang kotor. Namun, ada banyak alasan mengapa kecoak tertarik ke rumah, bahkan rumah yang relatif bersih.

Kecoak juga menimbulkan beberapa bahaya kesehatan bagi penghuni rumah dan hewan peliharaan melalui penyebaran penyakit dan bakteri. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi kecoak masuk ke dalam rumah dikutip Bob Vila, Rabu (19/10/2022):

1. Piring Kotor

Ilustrasi Pencuci Piring. Photo by Scott Umstattd on Unsplash

Ketika selesai makan, mungkin Anda tak kunjung mencucinya dan membiarkannya menumpuk di wastafel. Hal tersebut ternyata dapat mengundang kecoak. Kecoak tertarik pada bau dan sisa makanan pada piring kotor. Mereka bahkan dapat berpesta dengan sisa-sisa makanan di gelas minuman.

Begitu kecoak mengenali sumber makanan, kecoak akan mengejarnya tanpa henti. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mencuci piring sesering mungkin dan tidak membiarkan piring menumpuk.

Cobalah membilas piring kotor dengan sabun dan air jika piring-piring tersebut ingin berada di wastafel lebih dari beberapa jam. Ini juga akan membantu membersihkan wastafel, sehingga tidak ada sisa-sisa makanan atau bau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tempat Sampah

Tempat sampah yang tidak tertutup rapat dan tumpukan sampah yang sudah ditumpuk dapat mengundang kecoa masuk. Anda mungkin berpikir bahwa sampah mereka aman dari kecoak jika tidak ada makanan di kantong sampah. Namun, kecoak dapat memakan lebih dari makanan yang biasa dimakan manusia dan hewan peliharaan.

Kecoak dapat menelan bahan yang bisa menjadi racun bagi hama lain, seperti lem, kertas, rambut, dan ketombe, yang mungkin ada di tempat sampah rumah tangga. Oleh karena itu, tempat sampah yang terbuka harus dikosongkan sesering mungkin atau pertimbangkan untuk membeli tempat sampah yang memiliki penutup.

3 dari 5 halaman

3. Ruang yang Lembab

Kecoak secara alami tertarik pada kondisi lembab, sehingga kelembapan yang berlebih di rumah sangat menarik mereka. Kecoak diketahui tidak bisa pergi terlalu lama tanpa air, mereka selalu mencari sumber air.

Selain itu, banyak kecoak yang berasal dari iklim lembab sehingga menyebabkan mereka ingin kembali ke kondisi yang sama. Inilah sebabnya mengapa kecoak paling sering ditemui di dapur, kamar mandi, dan ruang cuci.

Mereka juga tertarik pada kebocoran pipa di kamar mandi atau tumpahan di dapur. Mereka juga mungkin bersembunyi di bawah unit AC untuk meminum kondensasi ekstra.

Kecoak biasa ditemukan hidup di bawah peralatan besar yang menggunakan air, serta ruang bawah tanah yang lembab. Untuk mengatasinya, seringlah bersihkan sisa tumpahan, bawah unit AC dan peralatan besar lainnya dan pantau pipa dari kebocoran.

4 dari 5 halaman

4. Sisa Makanan

Remah-remah makanan bisa menjadi santapan bagi kecoak. Dari wadah makanan terbuka yang ditinggalkan di atas meja hingga remah-remah di lantai, kecoak dapat dengan mudah menemukan jalan ke sumber makanan ini.

Remahan makanan yang tidak terlihat juga bisa terdapat di karpet atau di sela-sela perabotan tanpa terdeteksi. Kecoak dapat menemukan sisa makanan terkecil dan memakan apapun yang tersisa.

Disarankan untuk menyedot debu di rumah, terutama di area yang sering dilalui, minimal dua kali seminggu untuk mencegah hama. Kecoak juga bisa memakan makanan hewan peliharaan yang tumpah, jadi penting untuk membersihkan mangkuk makanan hewan peliharaan setelah waktu makannya.

Tempat lain yang dapat menarik kecoak adalah pemanggang roti, oven, dan kompor. Seringlah untuk membersihkan peralatan dan menyapu remah-remah ekstra di bawah dan di sekitar peralatan tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Celah Kecil

Dari faktor-faktor diatas, kecoak juga dapat menyelinap masuk ke rumah melalui celah kecil. Seperti disebutkan diatas, kecoak tertarik pada lingkungan yang lembab serta hangat. Saat cuaca berubah menjadi lebih dingin, kecoak akan mencari perlindungan di rumah-rumah agar tetap hangat.

Lingkungan yang lembab adalah tempat yang sempurna bagi kecoak untuk membuat rumah mereka. Selain itu, ruang bawah tanah dan area lembab lainnya di rumah menyediakan sumber air. Kecoak dapat masuk melalui lubang-lubang yang sangat kecil, jadi sangat penting untuk memeriksa rumah dan menambal setiap celah atau retakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.