Sukses

Masyarakat Sebut Indonesia merupakan Konoha Dunia Nyata, Benarkah?

Kebetulan, takdir, atau sebuah konspirasi, Indonesia negara yang kita cintai ini hampir sama dengan Desa Naruto.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki beragam suku, adat, agama dan kekayaan. Negara ini seringkali disamakan dengan desa fiksi di cerita Naruto, yaitu desa Konoha.

Berawal dari lelucon semata negara Indonesia adalah negara Konoha, awalnya penyebutan itu dikarenakan menghindari sanksi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan mengatasnamakan/mencemarkan nama baik negara.

Kendati demikian, kebetulan atau ini memang takdir, kesamaan yang terjadi di Indonesia dan Konoha merupakan hal yang sama persis. Mulai dari masyarakatnya beragam, pemimpin desa sama dengan Presiden berjumlah 7, serta kesamaan yang lainnya.

Dilansir sportskeeda, Konoha juga dikenal sebagai Desa Daun Tersembunyi, adalah kediaman beberapa shinobi paling populer dan dicintai di dunia Naruto. Desa Daun Tersembunyi terletak di Negara Api. Negara Api adalah salah satu dari Lima Negara Besar di dunia Naruto.

Salah satu kesamaannya yaitu masyarakat beragam, apabila mengenal desa konoha terdiri dari beberapa Klan Ninja yang bersatu, seperti Uchiha, Senju, Hyuga, Yamanaka, Nara, Akimichi, serta beberapa Klan yang lain.

Begitu juga dengan Indonesia yang dimana berasal dari beragam suku, seperti Batak, Jawa, Sunda, Betawi, Minang, dan sebagainya.

Selain itu, negara Indonesia yang kita cintai ini memiliki 7 pemimpin negara mulai dari kemerdekaan sampai sekarang, hal ini yang membuat sering kali disamakan negara Indonesia dan Desa Konoha.

Berikut kemiripan pemimpin kita dengan Hokage di Desa Konoha dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hokage Konoha dengan Soekarno dan Soeharto

Dikutip dari laman komunitas kaskus, seorang pemilik akun kaskuser yang bernama wowo, menyebutkan bahwa Hokage sangat lah mirip dengan Naruto.

“Langsung aja braay," Tulisnya.

1. Hokage Pertama Hashirama Senju dan Presiden Pertama Soekarno

Hasirama adalah tokoh yang mengakhiri perang antar Klan dan akhirnya menyatukan Klan-klan yang bertarung dalam satu desa yaitu konoha.

Hasirama menjadi hokage pertama setalah menciptakan konoha dan membuat perdamaian antar Klan.

Dengan Soekarno, keduanya sangat mirip, yang di mana, founding father kita ini seorang pemimpin pertama, dan keduanya tokoh pendiri.

Keduanya memiliki karaketer yang dikagumi dan dihomrati atas usaha dan keberhasilannya dalam memerdekakan dan membentuk sebuah negara.

 

2.  Hokage ke-2 Tobirama Senju dan Presiden ke-2 Soeharto

Tobirama merupakan orang ke 2 yang berperan dalam membangun konoha, tokoh yang membantu hokage pertama dalam menciptakan kedamaian antar Klan.

Tobirama dan Soeharto, sebelum masa kepemimpinannya, ialah orang yang membantu hokage dan presiden pertama untuk memimpin negara. Keduanya memiliki kemiripan sifat yang tegas.

3 dari 4 halaman

BJ Habibie, Gus Dur, dan Megawati

3.     Hokage ke-3 Sarutobi dan Presiden ke-3 BJ Habibie

Sangat lah persis dan mirip melihat kedua karakter tersebut. Sarutobi adalah hokage ke 3 konoha yang mendapat julukan profesor karena kejeniusannya,selain jenius sarutobi dapat mengendalikan 5 elemen.api,air,angin,tanah,listrik.

Melihat kehidupan nyata sang jenius Rudy Habibie, yang memiliki tubuh kecil dan pintar, mirip seperti Sarutobi.

 

4.     Hokage ke-4 Minato Namikaze dan Presiden ke-4 Abdurahman Wahid

Minato Namikaze hokage yang cepat sehingga dijuluki Si Kilat Kuning dari Konoha, memiliki kesamaan dengan Abdurahman Wahid, memiliki masa jabatan yang sebentar. Namun mereka sangat berpengaruh saat menjabat menjadi pemimpin. Memiliki karakter yang humoris dan santai.

 

5.      Hokage ke-5 Tsunade dan Presiden ke-5 Ibu Megawati

Tsunade dan Megawati, merupakan keturunan langsung dari pemimpin pertama atau pendiri negara. Mereka memiliki kesamaan dari kalangan wanita.

4 dari 4 halaman

Jokowi adalah Narutonya Indonesia?

6.     Hokage ke-6 Kakashi Hatake dan Presiden ke-6 Bapak Susilo Bambang Yudoyono

Keduanya merupakan pemimpin keenam yang memiliki persamaan paling mencolok dari kalangan militer, kakashi merupakan anak dari elite jonin taring putih.

 

7.     Hokage ke-7 Naruto Uzumaki dan Presiden ke-7 Joko Widodo

Naruto Uzumaki sang karakter utama, seorang anak biasa yang tidak memiliki kemampuan apa apa. Tapi berkat usaha kerasnya Naruto mampu meyakinkan konoha dan membuat konoha mengakuinya.

Naruto Uzumaki dan Joko Widodo. Memiliki kesamaan dimana jika Naruto memiliki impian menjadi Hokage dianggap angan belaka bagi banyak orang.

Keduanya diremehkan karena sikap lugunya, namun mereka dapat membangun negara yang dipimpinnya dan menepis segala omong kosong dari orang yang menganggapnya tidak bisa.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa negara kita bisa disamakan dengan Konoha, memang sepertinya sebuah kebetulan, namun sedikit takdir cerita fiktif Naruto bisa terjadi di dunia nyata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.