Sukses

Jadi Tuan Rumah Peringatan HUT TNI Pertamakali, Lebak Potensial Jadi Tujuan Wisata

Liputan6.com, Lebak Tanggal 5 Oktober 2022, menjadi hari spesial untuk Kabupaten Lebak. Untuk pertamakalinya perayaan HUT TNI ke-77 berlangsung di Kabupaten yang beribukota Rangkas Bitung. Sebelumnya, peringatan HUT TNI selalu dilaksanakan di Kota Serang.

Sejarah ini, menjadikan Kabupaten Lebak mulai menjadi pilihan untuk kegiatan berskala besar, setelah 3 tahun yang lalu keluar dari status kabupaten tertinggal di Provinsi Banten.

Sejak pagi hari (5/10), ratusan prajurit dari 3 mantra TNI telah berkumpul di Alun-Alun Rangkas Bitung untuk menyukseskan acara tahunan ini. Beragam alutsista dan kendaraan tempur di kerahkan untuk menambah ketertarikan peserta upacara dan masyarakat yang hadir pada saat upacara dirgahayu TNI kali ini.

Dengan inspektur upacara PJ Gubernur Al Muktabar, rangkaian acara berlangsung khidmat. Dalam sambutannya, Al Muktabar menyampaikan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang rata-rata berkisar 93% dari beberapa hasil survey.

Tentunya, hasil ini semakin memperkuat posisi TNI di hati masyarakat dan semakin mengelorakan bahwa TNI dekat dengan rakyat karena TNI adalah Kita.

Hadir juga dalam upacara tersebut Danrem Korem 064 / Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna, Danlanal Kolonel Laut (P) Deddy Komaruddin SH, pejabat pemerintah provinsi, Kapolda Banten Irjen Pol Prof.Dr. Rudy Heriyanto,dan pimpinan DPRD serta alim ulama.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Disaksikan warga Baduy dan Kesepuhan

Lapisan masyarakat dari pedalaman juga hadir menyaksikan rangkaian upacara militer ini, terlihat warga suku Baduy dan Kesepuhan turut sukacita melihat event ini secara langsung. Sungguh sebuah perayaan yang spesial.

“Kami ingin melihat Suku Baduy manakala jadi anggota TNI, karena semua mempunyai kesempatan sama, untuk berkembang. Karena itu saudara kita. Kami juga ingin melihat mereka bersama kita membangun bangsa ini dengan cara melibatkan mereka, secara bersama-sama. Makanya kita buat program khusus,” terang Danrem 064 / Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna.

Bagi Pemda Kabupaten Lebak, perayaan ini sungguh membanggakan, dibuktikan dengan tumpah ruahnya masyarakat berbaur bersama TNI. Hal langka yang menjadi kebahagian masyarakat dan jajaran Pemda Kabupaten Lebak

“Sebuah kehormatan bagi kami, Kabupaten Lebak menjadi daerah pilihan HUT TNI ke-77, dan ini jadi motivasi kita pulih kembali. Dan ini semangat yang mendorong sinergi antara TNI dan Pemerintah daerah untuk mewujudkan visi kami sebagai daerah destinasi wisata nasional,” tutur Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jayabaya.

 

3 dari 3 halaman

Ada parade pasukan TNI dan kendaraan taktis

Di akhir acara, masyarakat disungguhi parade pasukan TNI dan Kendaraan Taktis Pasukan serta tampilan para usahawan UMKM Provinsi Banten. Kesempatan ini dimanfaatkan warga untuk belanja sekaligus merasakan kedekatan langsung dengan para prajurit TNI.

“Saya sebagai warga Lebak teramat bangga dan berterimakasih atas dipercayanya Lebak sebagai puncak acara HUT TNI tahun 2022 wilayah Banten. Tentunya event ini memberikan dampak besar memperkenalkan Lebak khususnya kota Rangkas Bitung kepada masyarakat luar. Harapan selanjutnya akan terbuka keinginan wisatawan datang kesini,” pungkas Mochammad Azzari Jayabaya, Ketua Kadin Provinsi Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.