Sukses

Ketahui 5 Tanda Kanker Serviks yang Perlu Dideteksi Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta - Serviks merupakan bagian bawah rahim – organ reproduksi wanita yang paling penting, terletak tepat di atas vagina. Serviks bertindak sebagai penjaga rahim dengan mencegah bakteri masuk.

Ini juga menghasilkan lendir serviks dan memungkinkan aliran darah menstruasi dan janin melalui saluran vagina. Kanker serviks disebabkan oleh pertumbuhan tumor ganas di bagian bawah rahim.

Human papillomavirus (HPV) diketahui menyebabkan 95% kasus kanker serviks. Sistem kekebalan yang melemah akibat pengobatan atau human immunodeficiency virus (HIV), penggunaan kontrasepsi oral yang berkepanjangan (pengendalian kelahiran), herpes dan merokok adalah penyebab lain dari kanker serviks.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai sejak dini, seperti melansir dari Times of India, Selasa (27/9/2022).

1. Ketidaknyamanan panggul

Pertumbuhan tumor bisa memberikan tekanan pada dinding panggul, menyebabkan ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan panggul pada gilirannya bisa menyebabkan hubungan seksual yang menyakitkan atau pemeriksaan panggul yang menyakitkan.

Setiap pembengkakan atau ketidaknyamanan yang tidak bisa dijelaskan harus segera diperiksakan ke ginekolog.

2. Penurunan berat badan

Dengan semua kanker, nafsu makan mulai menurun. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan dan tiba-tiba. Namun, penurunan berat badan juga bisa terjadi terlepas dari nafsu makan yang normal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3. Keputihan yang tidak biasa

Keputihan adalah hal yang normal, proses alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati pada vagina. Namun, keputihan yang tidak biasa atau meningkat bisa mengarah pada kanker serviks.

Keputihan berdarah memerlukan perhatian medis segera.

4. Nyeri punggung bawah atau kaki

Sakit atau nyeri di punggung bawah atau kaki bisa disebabkan oleh tekanan yang diberikan oleh pertumbuhan tumor yang tidak terdeteksi.

Pembengkakan atau tonjolan yang tidak bisa dijelaskan bisa berarti tanda peringatan kanker serviks.

3 dari 3 halaman

5. Pendarahan di antara siklus menstruasi

Jika seseorang mengamati pendarahan di antara siklus menstruasi, yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya atau melakukan tes.

Gejala seperti keputihan yang meningkat/berdarah, nyeri panggul kronis, siklus menstruasi yang lebih berat, berdarah, bau vagina yang tidak sedap, hubungan seksual yang menyakitkan, pendarahan setelah berhubungan, pendarahan pasca-menopause dan nyeri punggung bawah kronis yang berkelanjutan dialami pada stadium lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.