Sukses

Alami dan Mudah, Ini 5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sederet cara alami dan mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Seberapa seringkah Anda mengalami sakit? Bisa jadi kemampuan tubuh Anda dalam melawan virus, bakteri, dan benda asing lainnya sedang mengalami penurunan. Di sinilah peran penting sistem imun atau yang dikenal dengan sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan.

Sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam membentengi tubuh dari infeksi penyakit. Apabila sistem kekebalan tubuh melemah berbagai komplikasi dan ancaman kesehatan bisa menghampiri karena tubuh tak mampu membentengi dirinya. 

Tak boleh dianggap sepele, gaya hidup dan makanan yang Anda konsumsi ikut andil dalam memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Konsistensi adalah kuncinya. Di tengah gempuran virus, bakteri, serta perubahan cuaca yang terus berubah-ubah, Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan.  

Sehat itu mahal, begitulah nasihat para orang tua. Namun, tenang saja untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap stabil tak perlu cara-cara mahal, kok. Yuk, intip sederet cara sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami berikut ini:

1. Tidur yang Cukup

Tidur dan sistem kekebalan tubuh sangat erat hubungannya. Dilansir dari Healthline, faktanya, seseorang dengan kualitas tidur yang buruk lebih rentan terhadap penyakit. Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan tubuh secara alami. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur minimal 7-8 jam per hari.

Bila Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk membatasi penggunaan ponsel, TV, dan komputer satu jam sebelum tidur. Hal ini dikarenakan cahaya biru yang dipancarkan oleh barang-barang tersebut dapat mengganggu siklus bangun dan tidur Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Berolahraga

Olahraga dapat memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh secara alami. Terlebih lagi, rutin berolahraga dapat membantu meregenerasi sel-sel kekebalan tubuh. Anda dapat memulainya dengan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, jalan cepat, dan berbagai olahraga favorit Anda lainnya. Lakukan olahraga setidaknya 150 menit per minggu. 

3 dari 5 halaman

3. Minum Air yang Cukup

Air sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Jangan mengalami dehidrasi. Seseorang yang tak mendapat asupan air yang cukup lebih rentan terhadap penyakit. Komplikasi lainnya pun dapat terjadi. 

4 dari 5 halaman

4. Konsumsi Makanan Nabati

Makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu melawan patogen berbahaya dalam tubuh. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat bagus untuk mengurangi durasi flu biasa. 

5 dari 5 halaman

5. Kelola Pikiran dan Mental

Stres dan kecemasan menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kekebalan tubuh. Untuk itu sangat penting untuk mengelola pikiran dan mental Anda tetap stabil. Ada beragam aktivitas yang dapat membantu Anda mengelola pikiran dan mental seperti meditasi, journaling, olahraga, dan yoga. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.