Sukses

Studi: Makan Pisang Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia adalah pisang. Buah berkulit kuning ini termasuk nutrisi yang diperlukan yang bisa membantu melindungi kesehatan seseorang, di antaranya magnesium, potassium, mangan, serat, protein dan vitamin seperti B6 dan C.

Mengkonsumsi pisang bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan kanker dan bahkan menurunkan risiko serangan jantung.

Pisang merupakan sumber yang kaya akan potassium. Faktanya, satu buah pisang mengandung 455 mg potassium. Setiap detak jantung sangat bergantung pada kalsium. Ini mendorong jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh 100.000 kali setiap hari.

Selain itu, memfasilitasi fungsi neuron, otot, membantu ginjal dengan penyaringan darah dan mengatur aliran nutrisi masuk dan keluar dari sel yang selanjutnya membantu dalam menjaga tingkat cairan tubuh.

Melansir dari Times of India, Senin (25/7/2022), menurut penelitian baru, dokter pada akhirnya bisa membantu pasien untuk mencegah beberapa penyakit jantung dengan memeriksa kadar kalium.

Para peneliti baru-baru ini melakukan penelitian menggunakan tikus dan menemukan hubungan antara asupan kalium makanan rendah dan perkembangan kalsifikasi arteri dan kekauan aorta.

Penyakit jantung pada orang biasanya diprediksi oleh kekakuan aorta, atau sering dikenal sebagai “pengerasan arteri.”

Para peneliti menunjukkan bahwa tikus yang diberi diet kalium rendah memiliki tingkat kekauan arota yang lebih tinggi daripada tikus yang diberi diet kalium normal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penelitian lainnya

Penelitian tambahan mengungkapkan bahwa sepertinya kalium rendah mempromosikan ekspresi penanda gen tertentu. Ini, pada gilirannya, mendorong sel-sel otot polos pembuluh darah untuk mengapur dengan mengubahnya menjadi sel-sel yang menyerupai tulang.

Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa diet rendah kalium mendorong kekakuan aorta yang lebih tinggi, setidaknya pada model tikus. Di sisi lain, diet tinggi kalium tampaknya mengurangi kalsifikasi vascular dan kekakuan aorta.

3 dari 3 halaman

Pisang membantu mencegah serangan jantung

Penelitian baru menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur bisa membantu mencegah serangan jantung dan strok.

Pisang dan makanan lain yang tinggi kalium bisa mencegah penyumbatan fatal yang bisa berkembang dan mencegah arteri dari pengerasan dan penyempitan. Satu buah pisang memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium harian.

Menurut penelitian, mereka yang memiliki asupan potassium terendah memiliki risiko 50% lebih tinggi terkena strok daripada mereka yang memiliki asupan tertinggi.

Diketahui secara luas bahwa asupan garam yang berlebihan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan strok.

Pisang juga mengurangi dampak negatif garam pada tubuh seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa mineral membantu menjaga fungsi jantung, tapi wanita tampaknya mendapat manfaat lebih dari pria.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS