Sukses

Mudah Dibuat, Resep Sop Daging Sapi Nikmat Ini Patut Anda Coba

Berikut ini adalah cara membuat sop daging sapi yang mudah untuk kalian buat di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Sop daging sapi nampaknya menjadi menu yang disukai banyak orang. Terlebih lagi menu sop daging sapi seolah telah menjadi menu andalan masyarakat Indonesia apalagi jika disajikan dengan bumbu rempah khas Indonesia yang kaya rasa.

Tak hanya bagian daging, sop sapi akan terasa lebih nikmat jika menggunakan bagian tulangnya juga. Pasalnya daging yang menempel pada tulang memberikan cita rasa yang khas, tekstur, serta cara memakan yang unik.

Sop daging sapi tentunya sangat mudah dibuat, tak hanya itu bumbu utamanya juga mudah ditemukan di dapur. Sop daging sapi akan terasa lebih nikmat jika ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya seperti potongan sayur seperti wortel, tomat, kentang, daun bawang, atau seledri.

Tak hanya nikmat, tapi juga akan lebih baik dan bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah bahan-bahan serta cara membuat dan resep sop daging sapi yang mudah untuk kalian buat di rumah.

Bahan:

  • 500 gr iga sapi
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 2 butir kemiri
  • 4 cm jahe, geprek
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 3 butir kapulaga
  • 5 butir cengkeh
  • 2 buah pala, hancurkan
  • 2 batang kayu manis
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • 1 bawang bombay, iris tipis
  • Wortel, iris bulat
  • Kentang, potong dadu
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 4 batang seledri dan daun, iris
  • Bawang goreng secukupnya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat resep bumbu sop daging sapi nikmat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah cuci bersih daging iga yang sudah dipotong-potong. Lalu rebus dengan air 10 menit kemudian buang air rebusan pertama dan ganti dengan air baru. Masak sampai setengah empuk, tambahkan air jika perlu dan buang kotoran-kotoran buihnya.
  2. Selanjutnya haluskan bawang putih, kemiri, pala, dan lada hingga halus. Tumis bawang bombay lalu masukan bumbu yang sudah dihalus, tumis hingga harum, kemudian masukkan ke rebusan daging. Tambahkan lengkuas, jahe, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Rebus semua bahan sampai empuk.
  3. Kemudian masukkan wortel dan kentang, rebus hingga matang.
  4. Lalu tambahkan daun bawang dan seledri, terakhir taburi bawang goreng. Matikan api, sajikan selagi hangat.
3 dari 3 halaman

4 Beda Daging Sapi dan Kambing, Jangan Sampai Tertukar di Hari Raya Qurban

Hari Raya Idul Adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Qurban. Sebab, momentum pada Idul Adha biasanya dijadikan oleh umat muslim untuk berkurban, baik sapi maupun kambing.

Namun, penerima daging kurban saat Idul Adha seringkali merasa kebingungan sama jenis daging yang diterimanya. Lantaran tak adanya label apakah itu daging kambing atau sapi, termasuk pula bagian apanya.  

Tak perlu khawatir, berikut sejumlah petunjuk guna memudahkan dalam mengindentifikasi perbedaan daging sapi dan kambing seperti dikutip Liputan6.com dari keterangan pers Cookpad Indonesia pada Sabtu, 9 Juli 2022:

1. Aroma

Daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus (memiliki aroma khas). Sedangkan daging sapi tidak mencolok dan tidak terlalu amis.

2. Tekstur dan serat

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar. Ketika dipegang pun terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang. Ketika dipegang akan terasa lebih kenyal dan halus.

3. Lemak

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

4. Warna

Baik daging sapi maupun daging kambing sebenarnya mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

Tentunya saat dimasak, rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.