Sukses

Komplikasi COVID-19 Ternyata Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal, Ini Penjelasan Dokter

Komplikasi Covid-19 ternyata dapat menyebabkan kerusakan ginjal

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 membuat dunia bertekuk lutut di tengah ketidaksiapan global untuk penyakit yang sangat mudah menular dan relatif mematikan. Ketika dokter, ilmuwan, dan ahli virologi terus mengungkap banyak aspek penyakit Coronavirus (SARS-CoV), berbagai mutasi dan varian terus muncul, membebani kemajuan yang dibuat dunia.

Seiring berjalannya waktu, ada indikasi bahwa mungkin ada lebih banyak yang harus dipelajari tentang virus dan bagaimana virus itu berinteraksi dengan ginjal.

Penyakit penyerta pada pasien COVID-19 seperti penyakit ginjal kronis (CKD) antara lain penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, kecelakaan serebrovaskular, hipertensi, dll, telah terbukti meningkatkan kematian atau keparahan.

Namun, ada juga kebutuhan untuk mencari tahu apakah komplikasi COVID-19 dapat menyebabkan eksaserbasi penyakit penyerta seperti gagal ginjal. Bukti yang tersedia menunjukkan bahwa ada hubungan terkait hal tersebut.

Menurut Dr. Saurabh Pokhariyal, Co-Founder, VitusCare Dialysis Centres, COVID-19 dapat menyebabkan kerusakan parah pada organ seperti ginjal, memengaruhi fungsinya bahkan setelah orang tersebut pulih. Bahkan, beberapa orang yang menderita komplikasi parah COVID-19 akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan ginjal yang parah.

"Ini termasuk mereka yang memiliki masalah ginjal yang mendasarinya, dan tanda-tanda ini sering bermanifestasi dalam kadar darah atau protein yang tinggi dalam urin serta kerja darah yang tidak normal," ujar dia seperti dilaporkan oleh India.com.

Hasil beberapa penelitian yang dikutip dalam laporan oleh Johns Hopkins Medicine menunjukkan bahwa setidaknya 30 persen dari semua pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 mengalami beberapa bentuk cedera ginjal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komplikasi COVID-19 dan dampaknya pada ginjal

Salah satu komplikasi utama COVID-19 yang dapat meningkatkan kemungkinan gagal ginjal adalah berkurangnya oksigen. Kasus penyakit COVID-19 yang parah biasanya menyebabkan pneumonia yang dapat mengakibatkan rendahnya kadar oksigen dalam darah pasien.

Tingkat oksigen abnormal ini dapat menyebabkan masalah ginjal atau memperburuk masalah ginjal yang ada yang dapat menyebabkan kegagalan, jika tidak dikelola dengan baik. Kondisi tersebut, yang dikenal sebagai hipoksemia, dikaitkan dengan kesulitan bernapas atau sirkulasi, yang merupakan gejala utama COVID-19.

Komplikasi utama lainnya yang menjadi perhatian adalah sifat reseptor sel ginjal yang memungkinkan COVID-19 menempel padanya. COVID-19 menargetkan sel-sel ini dan memungkinkan duplikasi sel-sel ini yang berpotensi merusaknya.

Reseptor ini, mirip dengan yang ditemukan di sel paru-paru dan jantung, dapat menjadi sasaran empuk virus corona baru yang selanjutnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang menyebabkan gagal ginjal. Fenomena ini dengan jelas menggambarkan sifat COVID-19 yang menyerang sel-sel penting dan semakin melemahkan efektivitas ginjal.

 

3 dari 5 halaman

Cara lain Covid-19 menyebabkan ginjal rusak

Ada cara lain yang bisa membuat ginjal terkena penyakit Coronavirus dan menyebabkan gagal berfungsi. Salah satunya adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap virus yang dapat mengakibatkan badai sitokin.

Serbuan sitokin ini, sekelompok protein kecil, adalah mekanisme komunikatif sel saat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Namun, aliran sitokin yang tiba-tiba dapat menyebabkan peradangan yang dapat menghancurkan jaringan sehat ginjal. Kekhawatiran lain adalah pembekuan darah yang dapat disebabkan oleh COVID-19 dalam aliran darah dan selanjutnya menyumbat pembuluh darah kecil di ginjal seseorang.

Dampak COVID-19 pada ginjal dapat benar-benar dahsyat karena serangan pada fungsi ginjal dapat mempengaruhi fungsi organ penting lainnya seperti jantung dan paru-paru. Ini bahkan bisa berakibat fatal dalam beberapa keadaan, terutama bagi mereka yang membutuhkan dialisis. Demikian menurut sebuah penelitian.

Oleh karena itu, penting bagi pasien dengan cedera ginjal akibat COVID-19 untuk selalu menindaklanjuti dengan penyedia layanan kesehatan mereka untuk memastikan ginjal kembali normal.

Sementara dialisis dapat membantu, bahkan setelah pemulihan dari COVID-19, obat terbaik adalah mematuhi instruksi pencegahan, termasuk vaksin dan booster, cuci tangan, jarak fisik, dan masker, di antara langkah-langkah lainnya.

4 dari 5 halaman

Ternyata, 5 Bagian Tubuh Ini Tak Perlu Dibersihkan Tiap Hari

Banyak dari Anda berpikir bahwa mandi secara teratur menjadi salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Tapi mandi setiap hari sebenarnya tidak diperlukan bagi segelintir individu.

Ternyata ada beberapa bagian tubuh yang lebih baik tidak dibersihkan setiap hari. Penasaran apa saja, berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (29/6/2022).

1. Rambut

Banyak individu yang tidak mengetahui bahwa tidak semua jenis rambut perlu keramas setiap hari. Hanya orang-orang dengan rambut halus yang bisa memperoleh manfaat dari keramas setiap hari karena cenderung terlihat lebih cepat berminyak.

Tapi jika rambut Anda keriting atau bertekstur, Anda bisa dengan mudah keramas setiap minggu.

2. Ketiak

Meskipun berkeringat benar-benar normal, dan terkadang memiliki bau ketiak, tidak ada yang ingin bau badan yang tidak sedap mempengaruhi kehidupan sosial.

Mencuci ketiak setiap hari dan mengoleskan deodoran biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah ini.

3. Kaki

Banyak individu berpikir bahwa kaki mereka akan bersih dari sabun dan air di kamar mandi, tapi sebenarnya itu tidak cukup untuk mencegah retakan dan keringat yang mengganggu.

Untuk menjaga kesehatan kaki, cuci dan gosok kaki satu kali sehari menggunakan air hangat dan sabun untuk mencegah iritasi dan kapalan.

5 dari 5 halaman

4. Tubuh

Meskipun mandi air panas bisa membantumu rileks setelah hari yang panjang, mandi setiap hari tidak diperlukan dan bahkan bisa mengiritasi kulitmu.

Air panas dan sabun yang keras menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan lebih cepat kering.

Bagi kebanyakan individu, mandi dua hingga tiga kali seminggu saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan.

5. Lidah

Meskipun menyikat gigi dan merawat gusi dengan benar adalah langkah penting untuk mendapat senyum yang sempurna, membersihkan lidah juga penting untuk menjaga napas tetap segar lebih lama.

Lidah Anda memiliki banyak tonjolan kecil yang bisa menyembunyikan bakteri, dan menggosoknya setiap hari setelah menyikat bisa membantu menghilangkan bau mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.