Sukses

Top 3: Niat dan Tata Cara Mandi Junub

Artikel tentang mandi junub lengkap dengan niat, tata cara dan adab saat mengerjakannya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Mandi junub atau mandi wajib adalah mandi atau suatu bentuk membersihkan diri secara fisik dari hadas besar. Mandi janabah atau mandi junub merupakann salah satu pokok dalam praktik bersuci yang wajib diperuntukkan bagi mereka yang dalam keadaan junub.

Dilansir dari NU Online, Jumat (10/6/2022), seseorang disebut junub ketika mengalami salah satu dari dua hal. Pertama, keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau pikiran. Kedua, jimak atau berhubungan seksual, meskipun tidak mengeluarkan mani.

Selain itu, mandi junub diwajibkan bagi perempuan yang telah selesai haid maupun nifas. Persoalan mandi junub penting karena berkaitan dengan ibadah-ibadah lain, baik yang fardhu maupun sunah. Orang yang dalam keadaan junub dilarang melaksanakan sholat, berdiam diri atau duduk di masjid, thawaf atau mengelilingi Ka'bah, melafalkan ayat Alquran dan menyentuh mushaf.

Melaksanakan mandi junub bukan sekadar mandi biasa, tapi memiliki tata cara dan amalan yang harus dilakukan. Niat dan tata cara mandi wajib ini harus diketahui oleh seorang muslim. Sebab saat ini, banyak sekali yang mulai lalai dengan tata cara mandi wajib yang benar.

Artikel tentang mandi junub lengkap dengan niat, tata cara dan adab saat mengerjakannya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang lima zodiak yang punya keahlian menggoda, mudah memikat hati orang lain.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang alami kram di bagian tubuh ini jadi tanda komplikasi kolesterol tinggi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Mandi Junub Lengkap dengan Niat, Tata Cara dan Adab Saat Mengerjakannya

 

Dengan menggunakan tata cara mandi wajib yang benar, perasaan seorang muslim akan menjadi lebih nyaman saat melaksanakan ibadah atau melakukan kegiatan lainnya. Perintah mandi wajib ini memiliki dasar hukum, yaitu Alquran.

"Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6)

Kemudian dalam surat lainnya Allah SWT juga menyuruh muslim mandi wajib jika dalam keadaan junub.

Allah berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43)

Berikut ini penjelasan mengenai tata cara, niat, serta adab melaksanakan mandi junub yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 5 Zodiak yang Punya Keahlian Menggoda, Mudah Memikat Hati Orang Lain

Setiap individu memiliki cara masing-masing untuk memikat perhatian orang lain. Namun, flirting atau menggoda bukan hal yang mudah dilakukan banyak individu. Tapi bagi segelintir individu, menggoda bahkan menjadi keahliannya.

Astrologi memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri kepribadianmu dengan menganalisis melalui zodiak, termasuk zodiak yang memiliki keterampilan menggoda.

Nah, penasaran zodiak apa saja yang punya keahlian menggoda sehingga mudah memikat hati orang lain? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Sabtu (11/6/2022).

1. Aries

Pemilik zodiak ini dikenal karena perilaku spontan dan impulsifnya. Mereka tidak akan ragu untuk memberikan pujian kepada Anda jika mereka bertekad untuk mendapatkan hatimu.

Selain itu, Aries juga memiliki sifat yang sangat genit dan suka menunjukkan keahlian yang dimilikinya.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Alami Kram di Bagian Tubuh Ini Jadi Tanda Komplikasi Kolesterol Tinggi

Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Tapi kolesterol tinggi bisa meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Kolesterol tinggi terutama disebabkan oleh makan makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, kelebihan berat badan, merokok, minum alkohol dan bisa juga genetik.

Kolesterol tinggi tidak cenderung menunjukkan gejala itu sendiri dan oleh karena itu, sering digambarkan sebagai pembunuh yang tidak terlihat karena membuka jalan ke masalah kesehatan yang serius tanpa ada tanda yang jelas.

Namun, penumpukan kolesterol di arteri bisa menyebabkan kram di lima area tubuh. Ini bisa menjadi gejala penyakit arteri perifer (PAD), komplikasi kesehatan terkait kolesterol.

Melansir dari Times of India, Sabtu (11/5/2022), PAD adalah penyakit di mana plak seperti kolesterol menumpuk di arteri yang membawa darah ke kepala, organ dan anggota tubuh Anda.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini