Sukses

Alasan Penggemar Film Horror Lebih Siap Mental Saat Pandemi, Ini Kata Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Film horor adalah genre yang pada umumnya sering disalahpahami. Penggemar film genre ini sering kali digambarkan sebagai orang yang kurang memiliki rasa empati atau pecandu adrenalin yang mencari sensasi.

Padahal bagi mereka, menonton film horor merupakan salah satu media penyalur emosi yang sangat seru. Rata-rata para penikmat genre film ini ingin menguji dan mengetahui seberapa tinggi keberanian mereka saat menonton film horor.

Reaksi saat menonton tayangan ini secara umum dimulai dari bangkitnya adrenalin yang terpompa, timbulnya perasaan waspada hingga jantung yang berdegup kencang, kemudian datang rasa takut yang terus menghantui meski tahu bahwa Anda tidak dalam situasi bahaya seperti didalam film.

Tapi tahukah Anda bahwa sensasi tersebut bisa menjadi pelarian sekaligus membantu mengalihkan pikiran penonton dari berbagai permasalahan yang nyata. Selain punya banyak manfaat untuk kesehatan, menonton film horor juga akan membuat perasaan Anda jauh lebih tenang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Berikut alasan mengapa orang yang suka menonton horor lebih tangguh secara psikologis dan mental selama menghadapi pandemi, seperti dilansir dari psychologytoday.com, Jumat (20/5/2022).

1. Film horor melatih psikologis orang untuk menahan dan menghadapi rasa cemas

Penelitian dari Coltan Scrivner, Ph.D seorang mahasiswa di Departement of Comparative Human Development  di University of Chicago, mengungkapkan bahwa penggemar film horor mengalami sedikit gejala kecemasan, Depresi atau sulit tidur. Alasannya karena mereka telah melatih mental dan fisik melalui alur cerita dan adegan yang ditampilkan dalam film tersebut. 

Penggemar film horor juga mengutarakan rasa takut dan kecemasan yang lebih rendah terkait dengan pandemi Covid-19. Mereka lebih mampu bertahan dan mudah menemukan makna bahkan nikmat kehidupan dari apa yang telah terjadi.

Selain itu, mereka juga merasa lebih siap mendengar tayangan berita yang disiarkan setiap pagi, berkaitan dengan Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Film horor akan membentuk jiwa bertahan yang lebih besar

Para peneliti menemukan bahwa keingintahuan yang tidak wajar atau keinginan belajar untuk hal berbahaya dan mengancam sangat umum dirasakan oleh penggemar film horor. Hal ini membuat mereka memiliki jiwa bertahan yang lebih besar dari sebelumnya.

Mereka lebih memilih untuk menghilangkan stress dengan cara melihat pandemi dari perspektif lain. Tidak heran jika mereka melihat pandemi menjadi sangat menarik, terlepas dari segala kengeriannya. 

“Jadi begini hidup ditengah pandemi,” jelas Coltan sambil mempraktikkan gaya penikmat film horor.

3. Menonton film horor bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh

Manfaat menonton film horor bagi tubuh antara lain adalah untuk menambah kekebalan tubuh, membakar kalori, dan membantu meringankan stres.

Menonton film horor bisa membuat kelenjar adrenalin Anda menjadi aktif. Kombinasi antara ketegangan antisipatif dan rasa bahaya yang muncul saat menyaksikan film tersebut ternyata berguna untuk membangkitkan indera maupun organ tubuh manusia. Dengan demikian, tubuh secara otomatis akan mengaktifkan respon kewaspadaan secara naluriah.

3 dari 5 halaman

4. Film horor memberikan pelajaran tentang prilaku manusia saat menghadapi masa krisis

Temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Coltan menyatakan bahwa orang yang menonton film terkait pandemi, wabah penyakit, zombie, atau apapun yang melibatkan situasi apokaliptik, dilaporkan merasa lebih siap menghadapi pandemi baik secara fisik maupun mental.

Penonton juga merasa mampu mengambil pelajaran tentang perilaku manusia di saat krisis, bagaimana cara orang untuk bertahan, bagaimana memandang orang lain pada status waspada atau krisis yang sama dan apa saja yang bisa diperjuangankan selanjutnya.

Walaupun ini tidak terjadi begitu saja, namun jika dilihat dari sifat dasar manusia yang memiliki keinginan tinggi untuk bertahan di dalam setiap kondisi, pengaruh film horor terbukti mampu menambah rasa pertahanan diri dan kewaspadaan akan hari esok atau hal yang harus mereka hadapi selanjutnya.

Jadi pertanyaannya, apakah Anda si penikmat film horor terlah merasakan manfaat yang telah di sebutkan tadi? Jawaban yang paling mendekati adalah tidak, sebab hal tersebut berjalan tanpa mungkin Anda pernah sadari.

4 dari 5 halaman

Tak Banyak yang Tahu, Nonton Film Horor Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan mereka. Cara yang paling umum dilakukan ialah dengan diet ketat dan juga olahraga. Namun tak banyak yang tahu, bahwa nyatanya menonton film horor juga bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan lo.

Sebuah penelitian dari University of Westminster menyatakan bahwa lonjakan detak jantung ketika seseorang menonton film horor dapat membantu membakar kalori.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa menonton film horor selama 90 menit dapat membantu membakar kalori hingga 113 kalori. Jumlah tersebut sama dengan kalian berjalan kaki selama 30 menit. Film horor juga memicu peningkatan denyut jantung yang mempengaruhi berat badan.

"Ketika denyut nadi lebih cepat ketika menonton film horor, darah juga akan lebih cepat dipompa ke seluruh tubuh. Hal ini terjadi ketika tubuh mengalami lonjakan adrenalin," ujar spealis metabolisme, MacKenzie.

 

5 dari 5 halaman

Membakar Kalori

Pada penelitian ini mereka mengukur jumlah kalori yang hilang dari beberapa judul film yang ditonton oleh koresponden. Mereka lantas mengukur tingkat detak jantung, asupan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida dari koresponsen.

Dari penelitian tersebut tercatat film The Shining akan membakar 184 kalori, Jaws membakar 161 kalori, dan The Exorcist 158 kalori. Deretan film tersebut dapat menghasilkan dorongan adrenalin yang tinggi dan membakar kalori. Jika merasa bahwa ketiga film ini terlalu mengerikan, kalian bisa memilih film horor lainnya dengan adegan yang tak terlalu menakutkan.