Sukses

Dibanderol Rp 27 Juta, Sepatu Balenciaga ini Tuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta Dunia fashion selalu menghadirkan tren unik yang sebenarnya bisa terlihat sangat bagus, tetapi terkadang desainer bertindak terlalu jauh dan berakhir dengan beberapa produk yang sangat aneh.

Brand fashion ternama dunia Balenciaga baru-baru ini meluncurkan lini sepatu edisi terbatas baru yang sangat rusak dan kotor sehingga kebanyakan orang tidak akan ketahuan memakainya di depan umum.

Balenciaga memang kerap hadir dengan beberapa item fashion paling berani, tetapi menjadi terdepan datang dengan risiko tinggi terlihat unik sekaligus aneh. 

Baru-baru ini Balenciaga meluncurkan koleksi sepatu terbarunya. Namun sepatu ini nampaknya bukan sepatu biasa dan membuat siapa saja mungkin berpikir berkali-kali sebelum mengenakannya. 

Sulit untuk menjelaskan alasannya, karena mereka terlihat seperti seseorang yang baru saja mengambil sepasang sepatu kets Converse usang, memakainya setiap hari selama satu tahun atau lebih dan kemudian menempelkan nama 'Balenciaga' di atasnya.

Foto-foto promosi yang dikeluarkan oleh brand fashion tersebut telah memicu kontroversi di media sosial, dengan orang-orang bertanya-tanya apakah Balenciaga hanya mempermainkan penggemarnya pada saat ini, dan yang lain mencoba memahami mengapa ada orang yang mau membayar $1.850 atau setara dengan Rp 27 juta untuk sepatu barunya yang terlihat sudah rusak.

"Jika Anda membeli sepatu kets Balenciaga seharga $1.850 yang terlihat seperti dilindas oleh mesin pemotong rumput, tolong cari bantuan tetapi juga tolong hubungi saya karena saya ingin memahami dimana pikiran Anda saat itu," tulis akun Brendan Dunne di Twitter.

Tetapi meskipun reaksi terhadap sepatu yang hanya tersedia 100 pasang untuk dibeli ini sangat negatif, dapat dikatakan bahwa tim pemasaran Balenciaga mencapai tujuannya. Orang-orang kini membicarakan sepatu kets usang dan foto-fotonya bertebaran di media sosial. Jadi, apa kalian berminat untuk membelinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Balenciaga Rilis Kemeja yang Tak Bisa Dipakai, Harganya Rp15 Juta

Salah satu outfit yang dimiliki oleh banyak orang adalah kemeja. Bukan hanya digunakan sebagai atasan, kemeja juga dapat menggantikan fungsi jaket atau diikat di sekitar pinggang.

Tak hanya pria, banyak juga wanita memakai kemeja. Desainnya pun beragam, ada yang bisa dipakai untuk acara formal dan ada juga yang modelnya kasual.

Meski begitu, lain halnya dengan kemeja terbaru keluaran Balenciaga. Kemeja dengan motif kotak-kotak tersebut sukses membuat banyak orang bingung. Melansir Metro, Rabu, 30 Maret 2022, Balenciaga mengeluarkan kemeja bernama Men's Knotted Shirt. Namun anehnya, kemeja ini sama sekali tidak bisa dipakai seperti kemeja biasa.

Kemeja tersebut pertama kali ditunjukkan dalam Balenciaga SS22 Red Carpet. Bukan untuk digunakan seperti biasa, kemeja ini ternyata memang dimaksudkan untuk dipakai di sekitar pinggang saja.

Meski tidak untuk dipakai, harga kemeja itu tak bisa dibilang murah. Setiap kemeja dihargai 825 pound sterling atau sekitar Rp15 juta. Karena tidak untuk digunakan sebagai kemeja biasa, kemeja kotak-kotak ini pun tidak memiliki kerah.

Sebaliknya, kain kemeja sudah dilipat dan dijahit hingga bentuknya lebih mirip rok. Meski begitu, ikatan di bagian lengan kemeja bisa dilepaskan. Dengan begitu, pengguna bisa mengikatnya sesuai ukuran pinggang.

Selain itu, kemeja ini juga memiliki logo Balenciaga di lengan sebelah kiri. Sementara untuk pencucian, kemeja ini disarankan dicuci dengan dry clean.

3 dari 3 halaman

Tas Belanja

Tak hanya kemeja, beberapa hari lalu Balenciaga juga meluncurkan produk yang tidak kalah unik. Mereka merilis tas belanja yang mirip dengan kantong plastik dari supermarket Tesco era 1980-an.

Tas yang merupakan bagian dari koleksi Musim Semi 2022 itu terbuat dari calfskin atau kulit sapi muda. Bahan ini biasa digunakan untuk pakaian, sepatu, dompet berkualitas tinggi berwarna putih.

Pada bagian badan tasnya terdapat garis vertikal biru dan logo Balenciaga berwarna merah di tengah. Tas Balenciaga ini dijual dengan harga 925 pound sterling atau sekitar Rp17 juta.

Pada tas tersebut terdapat penutup kancing, saku ritsleting pada bagian dalam dan saku tempel. Tas ini juga tersedia dalam varian warna kuning dan merah. "Interpretasi modern dari tas pola dasar", terang pihak Balenciaga dikutip dari Indian Express, 27 Maret 2022.

Tesco telah mengubah desain tasnya dan mendorong pelanggan untuk memilih kantong belanja yang lebih ramah lingkungan. Namun, supermarket itu masih menjual tas jinjingnya di toko dengan bahan yang dibuat dari sampah plastik daur ulang.

Kantong belanja Tesco, yang dulu gratis tetapi sekarang dikenakan biaya sekitar Rp2.000 itu terbuat dari polietilen yang sedikit lebih mewah. Tesco pun mengomentari rilisan tas terbaru Balenciaga dengan mengunggah gambar tas milik mereka.

"Jika menurut Anda tas baru @BALENCIAGA itu langka, coba dapatkan salah satu yang asli," tulis pihak Tesco. Ini bukan kali pertama Balenciaga menjadi pembicaraan untuk desainnya. Pada 2017, merek tersebut telah merilis tas jinjing biru senilai 1.365 pound sterling (sekitar Rp25 juta) yang sangat mirip dengan yang dijual oleh Ikea.