Sukses

7 Manfaat Taoge Untuk Kesehatan, Tak Hanya Tingkatkan Kesuburan

Liputan6.com, Jakarta Taoge merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Teksturnya yang renyah membuat taoge menjadi salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi lauk pauk. Selain itu, taoge menjadi sayur yang digemari karena harganya murah dan mudah didapatkan di pasaran.

Taoge adalah sayuran yang mengandung rendah kalori dan memiliki rasa yang segar. Dilansir dari Web MD, taoge memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Mulai dari vitamin C berkonsentrasi tinggi, hingga protein dan serat yang membantu memberikan rasa renyah yang khas.

Selain itu, taoge mengandung banyak nutrisi seperti air, energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Anda tentu juga sering mendengar bahwa taoge sangat bermanfaat untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan. Namun, taoge memiliki manfaat lebih dari itu untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat taoge untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

Menjaga Kadar Gula Darah

Penelitian yang diterbitkan Diabetes, Metabolic, Syndrome, and Obesity mengungkapkan bahwa taoge mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah gula darah meningkat. Serta dapat mengatur enzim amilas yang digunakan untuk memecah dan mencerna gula.

Taoge juga mengandung karbohidrat dan kalori yang sedikit. Selain itu, taoge memiliki indeks glikemik rendah yang membuat taoge dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Melancarkan Pencernaan

Taoge memiliki kandungan enzim yang tinggi. Peran enzim inilah yang dapat meningkatkan proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya pada pencernaan. Selain peran enzim, serat-serat yang terdapat pada taoge juga memberikan manfaat yang penting bagi pencernaan. Serat makanan juga akan merangsang asam lambung bisa membantu enzim untuk mencerna makanan secara efisien dan efektif.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan yang terdapat pada taoge dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kedua jenis kolesterol tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.

 

3 dari 4 halaman

Menjaga Berat Badan

Nutrisi kalori yang rendah pada taoge membuat jenis sayuran ini baik untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada taoge dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Taoge juga mampu menghambat pelepasan hormon ghrelin, yakni hormon yang memberikan tanda lapar kepada otak untuk mengonsumsi sesuatu.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Taoge kaya akan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan motilitas sperma. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan. Vitamin E dalam taoge merupakan antioksidan yang dapat melindungi sperma dari serangan radikal bebas.

Namun, tidak hanya vitamin E yang dibutuhkan sperma melainkan vitamin C, vitamin D, zinc, dan banyak mikronutrien lainnya. Meski taoge cukup baik karena tinggi akan vitamin E, namun bukan berarti Anda yang sedang menjalani program hamil hanya makan taoge saja untuk meningkatkan kesuburan.

 

4 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Kanker

Protein dan peptida dalam taoge juga dapat membantu mengurangi risiko sakit kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, termasuk yang terkait dengan kanker payudara, leukemia, dan kanker sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan yang tinggi pada taoge dapat melindungi kesehatan mata Anda, termasuk pencegahan degenerasi makula terkait usia (AMD). AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa di atas usia 55 tahun. Antioksidan dapat membantu mengurangi risiko terkena AMD.