Sukses

6 Cara Mudah Menebalkan Rambut Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut tebal dan indah tentu diidamkan banyak kaum hawa. Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tapi bagi segelintir individu, perlu usaha untuk memiliki rambut impian.

Meski Anda bisa memalsukan rambut tebal dengan sampo penambah volume, tapi itu hanya berlaku sementara dan tidak benar-benar mempengaruhi struktur rambutmu.

Namun, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambutmu tumbuh lebih cepat dan lebih tebal, dan sebagian besar metode ini sederhana dan terjangkau untuk dilakukan.

Berikut cara mudah yang bisa membantu menebalkan rambutmu secara alami, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (22/4/2022).

1. Makan lebih banyak protein

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang tidak makan daging berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan seng, yang pada gilirannya bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Karena protein membantu tubuh untuk mendapatkan hasil maksimal dari nutrisi penting ini, jadi para vegan harus mengonsumsi seng dua kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.

2. Pilih sampo yang lembut

Sampo favoritmu akan menghasilkan busa yang luar biasa, tapi jika Anda ingin rambutmu lebih tebal secara alami, Anda perlu membaca label sampo dengan lebih cermat.

Sulfat yang menyebabkan busa tidak membantu helai rambutmu, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan rambut tipis.

Meskipun efektif dalam menghilangkan kotoran, sulfat juga bisa menghilangkan terlalu banyak minyak alami yang dibutuhkan rambutmu untuk tetap sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Jauhi alat styling

Alat penata rambut dengan suhu tinggi sebenarnya bisa mencegahmu mendapatkan untaian yang lebih tebal dan lebih kuat.

Ketika Anda menempatkan panas langsung ke rambutmu, itu menciptakan lubang-lubang kecil di lapisan pelindung rambut, yang bisa merusak kuncimu dan menyebabkan kerusakan.

4. Perhatikan kulit kepala

Anda mungkin menggunakan scrub dan exfoliator untuk menjaga kulit wajah dan tubuhmu tetap halus, tapi kulit kepalamu juga membutuhkan perawatan yang sama.

Kelenjar di kulit kepalamu menghasilkan sebum yang menumpuk dari waktu ke waktu, dan sampo saja tidak cukup untuk kulit kepalamu membantu menjaganya tetap sehat dan mendorong rambutmu untuk tumbuh lebih cepat.

3 dari 3 halaman

5. Jangan terlalu sering menggunakan sampo kering

Jika Anda tidak memiliki waktu atau energi untuk mencuci rambut dengan benar, Anda pasti tergoda untuk menyemprotkan sampo kering pada rambutmu yang kurang segar.

Meski aman untuk digunakan sesekali, tapi terlalu sering menggunakan sampo kering bisa merusak kuncimu dan menyebabkan kerusakan, folikel tersumbat dan bahkan rambut rontok.

6. Vitamin C

Selain banyak manfaat kesehatannya, vitamin C bisa memperkuat rambutmu dan membantunya tumbuh lebih tebal.

Ini penting untuk produksi kolagen, mencegah kerusakan dan bahkan bisa mencegah rambut beruban dini.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C yang bagus, tapi juga bisa ditemukan dalam brokoli, kangkung dan stroberi.