Sukses

Mau Mudik? Siapkan 7 Hal Penting Ini Agar Perjalanan Lancar

Berikut ini 7 hal penting yang perlu disiapkan sebelum mudik

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan tradisi pulang ke kampung halaman yang dilakukan masyarakat Indonesia jelang hari raya lebaran. Setelah sebulan penuh berpuasa, mudik menjadi kegiatan rutin masyarakat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar. Perjalanan mudik umumnya dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum seperti pesawat, kapal laut, dan kereta.

Sejak pandemi COVID-19 awal tahun 2020, pemerintah melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran. Hal itu bertujuan untuk mencegah penularan virus corona di kala momen silaturahmi bersama sanak saudara. Kita juga dianjurkan untuk sholat Id dan merayakan lebaran di rumah saja.

Tahun ini, pemerintah telah menyampaikan kabar baik terkait kebijakan mudik lebaran. Masyarakat kembali diizinkan mudik ke kampung halaman dengan beberapa syarat, salah satunya telah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan alias booster. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama dalam perjalan mudik.

Nah, sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan teliti sejak jauh-jauh hari. Dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik Anda akan lebih lancar dan minim hambatan. Lalu apa saja hal-hal penting yang harus dipersiapkan jelang mudik lebaran? Berikut kami rangkum agar perjalanan mudik Anda lancar dan selamat sampai di tujuan:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Periksa Kondisi Mobil

Saat akan melakukan perjalanan jauh, penting untuk memeriksa kondisi mobil. Ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan secara menyeluruh. Kondisi mobil yang prima menjadi salah satu faktor lancar dan amannya perjalanan mudik.

2. Bawa Barang Secukupnya

Jelang mudik, ada baiknya Anda membuat list barang-barang yang akan dibawa. Hal itu bertujuan agar Anda membawa barang sesuai kebutuhan dan tidak ada barang yang tertinggal. Bawalah baju yang nyaman secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan makanan yang bisa dibawa untuk berjaga-jaga jika sahur dan berbuka puasa di perjalanan.

3. Handphone dan Chargernya

Hal lain yang penting untuk dipersiapkan sebelum mudik adalah handphone dan chargernya. Handphone berfungsi untuk menyiapkan dokumen-dokumen elektronik untuk menunjukkan bukti layak mudik, seperti sertifikat vaksin dan hasil tes negatif COVID-19. Anda juga bisa mengakses aplikasi peta digital di handphone untuk memudahkan perjalanan. Jangan lupa untuk membawa serta charger untuk mengisi daya baterai handphone Anda.

3 dari 4 halaman

4. Obat-Obatan

Saat mudik, Anda juga wajib menyiapkan obat-obatan dan vitamin untuk dibawa selama perjalanan. Tujuannya agar Anda merasa lebih tenang, terutama bila tiba-tiba sakit atau mabuk perjalanan. Obat paling umum yang perlu Anda bawa antara lain obat sakit kepala, obat masuk angin, obat alergi, dan obat diare.

5. Uang Tunai dan Uang Elektronik

Persiapan mudik yang tak kalah penting selanjutnya adalah pastikan untuk membawa uang dalam bentuk tunai dan eletronik (e-money). Uang tunai bisa menjadi langkah antisipatif apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan mudik. Jangan lupa mampir ke ATM apabila Anda belum membawa uang tunai untuk mudik. Sementara uang elektronik bisa Anda gunakan untuk membayar tarif tol dan mengisi bahan bakar mobil di SPBU.

 

4 dari 4 halaman

6. Perlengkapan Prokes

Meski pemerintah sudah mengizinkan mudik, Anda tetap harus selalu waspada jika ingin mudik di masa pandemi COVID-19. Pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan membawa perlengkapan sanitari seperti hand sanitizer, masker, dan tisu basah. Ada baiknya Anda juga membawa peralatan makan pribadi seperti piring plastik, sendok/garpu, dan sedotan untuk mencegah penularan penyakit.

7. Mudik dalam Kondisi Sehat

Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda harus memastikan kondisi kesehatan benar-benar fit. Anda pasti tidak ingin membawa virus dan penyakit kepada keluarga besar di kampung halaman, bukan? Agar merasa lebih tenang, tak ada salahnya melakukan tes PCR atau rapid antigen sebelum melakukan perjalanan mudik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.