Sukses

Deretan Tips Berbuka Puasa dengan Sehat Selama Puasa Ramadhan

Berikut ini tips berbuka puasa untuk makan sehat selama Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya kita telah menjalani bulan suci Ramadhan. Seluruh umat muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Selama puasa, momen berbuka puasa adalah momen terpenting untuk menunjang aktivitas umat muslim seharian.

Saat waktu berbuka tiba, seluruh keluarga akan berkumpul bersama untuk membatalkan puasa usai menjalaninya dari matahari terbit hingga terbenam. Umumnya banyak orang yang menyediakan berbagai menu makanan untuk berbuka puasa. 

Padahal, tak boleh sembarangan, kita harus memperhatikan apa yang akan dimakan dan bagaimana cara makan yang benar agar tetap sehat selama bulan suci Ramadhan. 

Ya, Ramadhan nampaknya menjadi momen yang tepat untuk mempraktikkan kebiasaan makan yang baik. Pasalnya tak sedikit orang yang mengalami berat badan naik usai menjalani ibadah puasa selama sebulan di bulan Ramadhan. 

Bisa jadi hal itu terjadi lantaran mereka tak memperhatikan pola makan yang sehat selama Ramadhan. Terlebih lagi saat berbuka puasa, banyak orang yang tak bisa menahan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang manis atau bahkan berlemak. 

Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips sehat di bulan suci Ramadhan seperti menghindari gula berlebih dan makanan yang digoreng. Kalian bisa mengikuti petunjuk ini saat berbuka puasa agar menghindari makan secara berlebihan. Berikut ini tips berbuka puasa untuk makan sehat selama Ramadhan dilansir dari lifestyleasia. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan tunda buka puasa

Jangan tunda buka puasamu

Mungkin banyak dari umat muslim yang mengalami hal di mana mereka tidak dapat makan tepat waktu meskipun berpuasa sepanjang hari. Namun, hal ini tidak boleh dianggap enteng karena tidak makan dalam jangka waktu yang tidak teratur itu tidak sehat. 

Terutama selama musim ini, ketika panas mencapai puncaknya, ia cenderung menguras nutrisi Anda melalui keringat dan dapat membuat Anda sangat lelah. Karena itu, pastikan Anda menunda waktu berbuka puasa dan usahakan untuk makan tepat waktu.

Mulailah dengan minuman

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari banyak bahaya kesehatan musim panas. Dan selama Ramadhan, ketika seseorang tidak bisa minum air sepanjang hari, penting untuk menghidrasi diri Anda dengan benar selama berbuka puasa. 

Namun, minumlah air Anda dalam proporsi yang tepat sebelum makan dan usahakan agar tidak kembung sebelum makan malam. Anda bahkan dapat menggabungkan segelas air dengan menambahkan beberapa bubuk protein, sayuran, dan buah-buahan.

3 dari 4 halaman

Jangan lupa konsumsi buah

Mulailah dengan minuman

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari banyak bahaya kesehatan musim panas. Dan selama Ramadhan, ketika seseorang tidak bisa minum air sepanjang hari, penting untuk menghidrasi diri Anda dengan benar selama berbuka puasa. 

Namun, minumlah air Anda dalam proporsi yang tepat sebelum makan dan usahakan agar tidak kembung sebelum makan malam. Anda bahkan dapat menggabungkan segelas air dengan menambahkan beberapa bubuk protein, sayuran, dan buah-buahan.

 

Jangan lewatkan konsumsi buah-buahan

Setelah seharian berpuasa, tak sedikit orang yang lantas ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Namun disarankan agar Anda menjauhi makanan dengan pengawet dan tambahan gula. 

Sebaliknya, pilihlah buah-buahan asli. Salah satu buah yang ideal untuk berbuka puasa adalah kurma. Kurma memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki gula alami. Sementara itu, Anda juga dapat mengonsumsi ceri, leci, anggur, dan buah jeruk lainnya, yang sehat untuk kulit dan tubuh Anda selama musim panas.

 

4 dari 4 halaman

Makan seimbang adalah kunci

Cobalah untuk makan sup

Memulai makanan buka puasa Ramadhan Anda dengan sup adalah pilihan yang bagus. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi gangguan pencernaan yang sering dihadapi setelah perut kosong dan makan tiba-tiba setelah seharian berpuasa. Sup juga merupakan cara sederhana untuk tetap terhidrasi di tengah panas terik. Anda dapat memilih beberapa jenis dari mereka untuk memastikan memiliki banyak sayuran yang bergizi.

 

Keseimbangan adalah kuncinya

Memiliki diet seimbang selama Ramadhan adalah penting. Orang-orang sering cenderung mengisi diri mereka dengan makanan yang menggemukkan karena mereka pikir makanan seperti itu akan membantu mempertahankan diri mereka untuk hari berikutnya. Memiliki kelebihan jumlah makanan tidak sehat sekaligus dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak perlu. 

Anda perlu menyeimbangkan nutrisi penting dalam diet Anda. Oleh karena itu, pilihlah makanan kaya protein seperti kacang polong, kacang-kacangan atau tahu untuk makan sehat dan menjaga massa otot. Bahkan bisa makan ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan seperti alpukat untuk menjaga keseimbangan pola makan.

Jangan lewatkan karbohidrat

Mereka yang berpikir makan sehat adalah tentang mengecualikan karbohidrat adalah salah. Saat berpuasa, tubuh Anda berubah dan menggunakan simpanan karbohidrat yang disebut glikogen untuk energi. Ini membuatnya penting bagi Anda untuk mengisi ulang karbohidrat bekas di tubuh Anda untuk melanjutkan hari berikutnya. Oleh karena itu, bersama dengan sayuran hijau dalam jumlah yang baik, tambahkan beberapa karbohidrat seperti ubi jalar, beras merah, pasta, dan lain-lain ke dalam makanan Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.