Sukses

5 Rekomendasi Menu Sahur untuk Tambah Stamina Saat Puasa

Penting untuk mengonsumsi makanan bernutrisi agar kuat saat berpuasa sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang puasa Ramadhan, penting bagi umat muslim untuk memahami cara makan yang sehat untuk disantap saat sahur. Saat sahur, tubuh perlu asupan bernutrisi untuk meningkatkan energi.

Tujuannya agar kondisi tubuh tetap kuat menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Dengan begitu, tubuh Anda masih memiliki energi untuk beraktivitas seperti biasa.

Ada banyak makanan bernutrisi yang mudah ditemukan untuk dijadikan menu sahur. Berikut daftar makanan bernutrisi agar tetap kuat berpuasa sepanjang hari:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makanan Protein

Daging, ayam, ikan, telur, dan produk susu rendah lemak adalah makanan yang mengandung protein. Jenis makanan itu sangat baik untuk meningkatkan energi.

Agar nutrisinya tidak berkurang, usahakan untuk tidak memasak dengan cara digoreng. Dikutip dari NDTV, Jumat (1/4/2022), makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa membuat tubuh merasa lebih haus.

3 dari 6 halaman

2. Nasi Merah dan Roti Gandum

Saat sahur, tubuh Anda wajib mengonsumsi makanan dengan karbohidrat berserat tinggi. Tujuannya untuk memberikan energi bagi tubuh.

Anda bisa menyiapkan makanan karbohidrat berserat tinggi seperti beras merah dan roti gandum. Makanan karbohidrat berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga energi dalam tubuh dapat bertahan lebih lama.

4 dari 6 halaman

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayuran tidak boleh terlewatkan saat sahur. Kedua makanan itu wajib dikonsumsi selama sahur karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi.

Mengonsumsi buah dan sayuran tidak hanya untuk menambah energi. Tetapi juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi, sehingga tidak sering merasa haus saat puasa. Beberapa buah dan sayur yang memiliki kadar air tinggi adalah semangka, jeruk, selada, timun, stroberi, dan persik.

5 dari 6 halaman

4. Kacang-kacangan

Anda juga bisa memasukkan kacang-kacangan ke dalam menu sahur. Kacang-kacangan bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanan ini bisa menjadi kombinasi yang sehat jika dikonsumsi dengan susu.

6 dari 6 halaman

5. Air Putih

Air putih harus selalu tersedia saat sahur. Tubuh harus mengonsumsi air yang cukup saat sahur agar terhindar dari dehidrasi saat puasa. Setidaknya, usahakan untuk minum minimal tiga gelas air putih. Hindari minum air perasa seperti sirup, teh, dan kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.