Sukses

Seperti Luna Maya, 6 Seleb Luar Negeri Ini Juga Lakukan Prosedur Egg Freezing

Rupanya sudah banyak selebriti Amerika Serikat yang memutuskan untuk melakukan egg freezing.

Liputan6.com, Jakarta Egg freezing atau pembekuan sel telur dilakukan perempuan untuk mempertahankan kesuburannya. Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (24/1/2022), metode ini juga dikenal sebagai oocyte cryopreservation atau kriopreservasi oosit.

Dalam metode ini, sel telur diambil dari ovarium untuk dibekukan. Sel telur tersebut disimpan tanpa melalui proses pembuahan. Di masa depan, telur bisa dicairkan kembali dan dibuahi oleh sperma di laboratorium untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam rahim. Proses pembuahan untuk kehamilan ini disebut sebagai metode In Vitro Fertilization (IVF).

Metode egg freezing bisa menjadi pilihan bagi yang belum siap untuk hamil dalam waktu dekat. Di Indonesia sendiri, egg freezing ramai dibicarakan setelah Luna Maya mengaku melakukan hal itu.

Rupanya di Amerika Serikat, ternyata sudah banyak selebriti yang memutuskan untuk melakukan pembekuan sel telur. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Marie Claire.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kim Kardashian

Kim Kardashian selalu terbuka dengan masalah kesuburannya, bahkan sebelum anak pertamanya, North, lahir. Perempuan yang berkarier sebagai model ini mempunyai alasan mengapa dia memutuskan untuk membekukan sel telur.

"Beberapa tahun yang lalu, saya diberitahu kalau saya tidak akan bisa hamil. Tiga dokter yang berbeda mengatakan hal yang sama kepada saya. Itulah alasannya saya ingin membekukan sel telur," ungkap Kim kepada ELLE UK.

Namun, Kim ternyata bisa hamil hingga anak kedua, meskipun kehamilan pertama dan keduanya memiliki risiko kesehatan. Kim diketahui menggunakan sel telur yang dibekukan itu untuk hamil anak ketiga dan keempat dengan ibu pengganti.

3 dari 7 halaman

2. Paris Hilton

Perempuan kelahiran 1981 ini diketahui terinspirasi melakukan egg freezing karena sahabat dan mantan rekan kerjanya, Kim Kardashian. "Saya membahas tentang pembekuan sel telur dengan Kim," ungkap Hilton dalam wawancara The Sunday Times. Dia mengaku dikenalkan Kim kepada dokter yang pernah menangani Kim untuk membekukan sel telur.

4 dari 7 halaman

3. Halsey

Halsey diketahui mengidap endometriosis, suatu gangguan jaringan yang berhubungan dengan rahim dan tumbuh di luar rahim. Dia sempat mengalami keguguran di atas panggung. Penyanyi yang pernah duet dengan BTS ini mengaku bahwa penyakit endometriosisnya itu bisa mempengaruhi kesuburan. Oleh karenanya, Halsey memutuskan untuk membekukan sel telur.

 

5 dari 7 halaman

4. Kourtney Kardashian

Kourtney memilih untuk membekukan sel telurnya untuk masalah keamanan. Menurutnya, cara itu bisa dilakukan jika suatu saat nanti dirinya ingin memiliki banyak anak. Dalam sebuah episode The Kardashians, dia mengatakan bahwa sang dokter telah membekukan tujuh sel telur berkualitas baik dari delapan sel telur yang diambil.

 

6 dari 7 halaman

5. Celine Dion

Celine Dion mengaku membekukan sel telurnya pada tahun 2000. Dia lalu menggunakan sel telur yang sudah dibekukan itu untuk mencoba kehamilan anak kedua pada 2007. Proses kehamilan dari sel telur yang dicairkan itu melahirkan putra kembar bernama Nelson dan Eddy pada 2010.

 

7 dari 7 halaman

6. Chrissy Teigen

Chrissy Teigen merupakan istri dari John Legend. Dia memutuskan untuk membekukan sel telur dalam jumlah banyak untuk mendapatkan kualitas yang sempurna. Kedua anaknya bernama Luna dan Miles diketahui lahir melalui proses IVF menggunakan sel telur yang dibekukan. Namun, anak ketiganya diperoleh secara alami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.