Sukses

14 Gejala Ini Bantu Anda Prediksi Infeksi Virus Covid-19 Varian Omicron Sebelum Lakukan Tes PCR

Berikut gejala-gejala yang patut diwaspadai bahwa Anda terinfeksi Covid-19 Varian Omicron sebelum lakukan tes PCR

Liputan6.com, Jakarta Kasus yang dikonfirmasi dari Covid-19 varian Omicron di Indonesia semakin meningkat. Tinggal menunggu waktu hingga varian virus ini menjadi dominan dibanding varian Covid lainnya dari kasus yang terkonfirmasi positif.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Seperti melarang warga untuk bepergian ke luar negeri, melakukan karantina dan tes PCR yang lebih dari sekali bagi mereka yang baru dari luar negeri, serta upaya-upaya lainnya.

Bagaimanapun, penting bagi masyarakat untuk dapat mengetahui kapan mereka memiliki gejala Covid-19 terlebih varian Omicron. Satu gejala tertentu telah dijelaskan oleh dokter AS sebagai indikator awalnya. Jadi apa yang harus diwaspadai orang?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara memprediksi infeksi Covid

Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, Dr Allison Arwady, baru-baru ini mengatakan sakit tenggorokan dapat memprediksi infeksi Covid.

Seperti dilansir NBC Chicago, dia berkata: "Bahkan jika itu sakit tenggorokan, tidak peduli apa itu. Saya sudah memberi tahu staf saya sendiri ini, itu yang saya lakukan sendiri ... jika Anda sakit, bahkan sedikit sakit, tinggal lah di rumah."

"Lebih benar dari sebelumnya sekarang karena sakit, bahkan sedikit sakit, sampai terbukti sebaliknya dengan tes - itulah Covid. Begitulah cara kami memperlakukannya, begitulah seharusnya Anda memperlakukannya."

 

3 dari 5 halaman

Tanda infeksi Covid-19 Varian Omicron

Ada beberapa tanda yang dapat diwaspadai sebagai gejala infeksi Covid-19, hal itu termasuk batuk baru yang terus menerus, kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa dan suhu tinggi sebagai gejala utama virus.

The British Medical Journal (BMJ), sementara itu, merilis sebuah studi bahwa data awal menunjukkan gejala yang paling umum dari Omicron adalah pilek, sakit kepala, dan kelelahan.

Studi Gejala Covid ZOE telah mengumpulkan data gejala yang paling umum dan Business Insider kemudian menggunakan data tersebut untuk membuat daftar gejala lengkap yang mungkin ingin diperhatikan orang sebelum memutuskan untuk mengambil tes PCR.

 

4 dari 5 halaman

Gejala Covid-19 Varian Omicron

Perlu dicatat bahwa daftar berikut tidak membedakan antara orang yang divaksinasi atau tidak divaksinasi dan didasarkan pada data awal.

  1. Hidung meler - 73%
  2. Sakit kepala - 68%
  3. Kelelahan - 64%
  4. Bersin - 60%
  5. Sakit tenggorokan - 60%
  6. Batuk terus-menerus - 44%
  7. Suara serak - 36%
  8. Menggigil atau menggigil - 30%
  9. Demam - 29%
  10. Pusing - 28%
  11. Kabut otak - 24%
  12. Nyeri otot - 23%
  13. Kehilangan penciuman - 19%
  14. Nyeri dada - 19%.

 

 

5 dari 5 halaman

Apa yang harus dilakukan jika Anda merasa memiliki gejala?

Perlu dicatat bahwa bukan hanya sakit tenggorokan yang merupakan tanda Covid-19 dan beberapa orang mungkin tidak terpengaruh oleh gejala ini sama sekali. Cara terbaik untuk mengonfirmasi apakah Anda memiliki virus Corona adalah dengan mengambil tes PCR.

Orang-orang disarankan untuk mengambil tes PCR jika mereka merasa telah melakukan kontak dengan seseorang dengan virus, atau merasa tidak enak badan dengan cara apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.