Sukses

Mengenal Egg Freezing, Prosedur yang Dilakukan Luna Maya

Liputan6.com, Jakarta - Menikah dan menjadi ibu memang pilihan bagi setiap wanita. Rupunya hal tersebut juga menjadi hal yang dinantikan aktris dan model ternama tanah air Luna Maya. Meski belum menikah di usianya yang sudah tak muda lagi, ia mengaku saat ini sudah tidak khawatir lagi urusan pernikahan. Pasalnya wanita 38 tahun itu telah menjalani prosedur pembekuan sel telur atau egg freezing.

 

Keputusan model dan aktris cantik Luna Maya untuk lakukan egg freezing menjadi sorotan publik dan netizen tanah air. Luna Maya mengakui telah melakukan egg Freezing atau pembekuan sel telur sejak 2021 silam.

"Aku tuh enggak pernah berpikir umur suatu masalah, kayak dikejar umur. Ya mungkin sebagai perempuan ada biological ticking secara kalau ingin menjadi ibu. Tapi aku udah freezing egg.” Ucapnya dikutip dari YouTube Venna Melinda Channel.

Lantas apa sih itu egg freezing? Berapa harganya? Bagaimana cara melakukan egg freezing? Dan siapa saja yang pernah egg freezing? Berikut ulasannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Apa Itu Egg Freezing?

Melansir dari Fortishealthcare, egg freezing adalah proses pembekuan sel telur, dimana dalam metode ini sel telur wanita diambil dari ovarium. Setelah itu, sel terlur tersebut akan disimpan untuk digunakan ketika wanita tersebut telah siap untuk memiliki anak. Pembekuan sel telur ini mungkin bisa menjadi pilihan jika kamu belum siap untuk hamil sekarang.

3 dari 5 halaman

Biaya Egg Freezing

Dikutip dari FertilityIQ, untuk satu kali perawatan egg freezing di luar negeri membutuhkan biaya sekitar 15.000 hingga 20.000 dollar Amerika. Jika dalam bilangan Rupiah berkisar Rp 215 juta hingga Rp 286 juta untuk perawatan dan penyimpanan telur. Biaya penyimpanan telur juga akan berlangsung dan harga akan terus meningkat selama masa penyimpanan terlur tersebut.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Proses Memulai Egg Freezing

Ada beberapa prosedur sebelum memulai tahapan egg freezing. Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh penting sekali dilakukan untuk meminimalisir hal yang tidak di inginkan, sekaligus mempertimbangkan kelayakan dari sel telur. Berikut tahapannya:

  1. Tahap pertama adalah stimulasi ovarium. Proses ini dilakukan dengan cara merangsang indung telur agar menghasilkan jumlah telur sesuai yang dibutuhkan.
  2. Tahap kedua yaitu pengambilan sel telur. Pengambilan sel telur dibutuhkan obat penenang karna memungkinkan adanya reaksi keram atau rasa tidak nyaman pada vagina. Alat yang digunakan adalah aspirasi ultrasound transvaginal dengan memasukkan probe ultrasound kedalam vagina.
  3. Tahap terakhir ialah proses pembekuan. Setelah sel telur yang tidak dibuahi terkumpul, telur akan langsung didinginkan dalam suhu runagan dibawah nol derajat.

 

5 dari 5 halaman

Rita Ora Juga Melakukan Egg Freezing

Di luar negeri tak sedikit pula artis yang memutuskan untuk melakukan prosedur ini salah satunya adalah penyanyi Rita Ora.

"Membekukan sel telur saya adalah hal terbaik yang pernah saya lakukan", ucap Rita Ora dikutip dari Independent, Rabu (19/01/2022).