Sukses

Ini yang Harus Dilakukan Jika Anda Terinfeksi Omicron dengan Gejala Ringan

Apa yang terjadi jika Anda terinfeksi varian Omicron, dan gejalanya cukup ringan sehingga tidak memerlukan perawatan di rumah sakit?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, negara-negara di seluruh dunia sedang mengantisipasi menyebarnya Omicron. Untuk alasan ini, negara-negara di berbagai negara telah mengambil berbagai tindakan dan juga pencegahan untuk mengurangi penyebaran Omicron di antara populasi mereka.

Namun demikian, di dalam dunia yang terus bergerak, mustahil untuk menghentikan penyebarannya sama sekali. Beberapa alasan untuk optimis mungkin karena berbagai laporan menunjukkan bahwa infeksi dengan varian ini cenderung menyebabkan gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan varian Covid-19 sebelumnya, Delta.

Tapi bagaimana seseorang bisa tahu jika mereka terinfeksi Omicron? Apakah gejala Omicron sama dengan gejala infeksi varian sebelumnya? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencantumkan kemungkinan gejala infeksi Covid-19 tanpa menentukan varian.

Dilansir Medical News Today, Selasa (11/1/2022), gejala-gejala ini meliputi demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau baru, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual atau muntah, diare.

Namun, CDC mencatat daftar ini tidak lengkap, dan setiap orang mungkin mengalami gejala atau kombinasi gejala yang berbeda. Selain itu, laporan anekdot di media sosial dan platform lain mengklaim bahwa kombinasi gejala yang lebih spesifik menjadi ciri infeksi Omicron.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala Bervariasi

Dr. David M. Cutler, dokter keluarga di Saint John's Physician Partners di Santa Monica, California, menegaskan bahwa gejala bervariasi dan mungkin tidak menonjol dengan cara tertentu, dibandingkan dengan tanda-tanda infeksi dengan varian sebelumnya.

Variasi gejala yang terlihat pada Omicron sama dengan varian Covid-19 lainnya,” katanya. 

Tampaknya cukup penting bahwa orang yang terkena varian yang sama mungkin mengalami gejala yang sangat berbeda. Ada yang hidungnya tersumbat, ada yang sakit kepala, kadang sakit badan, dan ada yang sakit tenggorokan.” 

Itu mungkin karena, tidak seperti varian lain, Omicron lebih suka menginfeksi saluran pernapasan bagian atas. Ini mungkin juga mengapa tampaknya menyebabkan gejala yang lebih ringan, menurut Manajer Insiden WHO, Abdi Mahamud.

“Kami melihat semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Omicron menginfeksi bagian atas tubuh. Tidak seperti yang lain, itu dapat menyebabkan pneumonia parah,” katanya, meskipun memperingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Anda Bisa Mendeteksi Infeksi Omicron?

Ada beberapa laporan anekdotal bahwa tes aliran lateral yang juga dikenal sebagai LFT mungkin kurang efektif dalam mendeteksi keberadaan infeksi Omicron. Tes semacam itu, yang dapat dilakukan orang di rumah, didasarkan pada sampel yang diambil dari hidung, tenggorokan, atau keduanya dan dimaksudkan untuk mendeteksi antigen virus tertentu, yang menunjukkan adanya infeksi virus.

Menurut Dr. Cutler, “tes aliran lateral secara inheren tidak akurat karena mereka tidak mendeteksi virus tingkat rendah serta tes PCR.

Tes RT-PCR, atau disingkat PCR, didasarkan pada sampel yang diambil dari hidung dan tenggorokan seseorang. Namun, sampel-sampel ini menjalani pengujian laboratorium, yang dapat mengungkapkan apakah ada gen spesifik SARS-CoV-2. Tes PCR lebih sensitif dan umumnya dianggap lebih akurat.

Pengujian penanda genetik juga dapat mengungkapkan, lebih khusus, varian SARS-CoV-2. Beberapa lembaga kesehatan, seperti Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), telah menyatakan bahwa, ketika digunakan dengan benar, LFT harus mendeteksi infeksi dengan varian SARS-CoV-2 dalam banyak kasus.

Evaluasi laboratorium perangkat aliran lateral yang saat ini digunakan di Inggris oleh UKHSA juga menunjukkan bahwa LFT mendeteksi Omicron seefektif varian sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Anda bisa mengobati infeksi Omicron ringan?

Apa yang terjadi jika Anda terinfeksi varian Omicron, dan gejalanya cukup ringan sehingga tidak memerlukan perawatan di rumah sakit? Bagaimana cara mengobati infeksi ringan di rumah?

Tidak ada obat rumahan non-resep khusus untuk mencegah atau mengobati [COVID-19],” kata Dr. Cutler.

Obat terbaik serupa dengan yang mungkin Anda gunakan untuk mengobati gejala flu ringan atau pilek.

Pengobatan yang direkomendasikan diarahkan pada gejalanya: tetap terhidrasi, istirahat, dan bergizi baik. Konsumsi asetaminofen atau ibuprofen untuk meredakan sakit kepala, nyeri tubuh, atau demam. Hindari pengobatan yang belum terbukti seperti hydroxychloroquine, ivermectin, zinc, dan vitamin D, yang tidak memiliki nilai yang diketahui dan dapat menyebabkan efek samping,” ujar Dr. Cutler.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • Cara

  • Delta