Sukses

Pria Ini Beli Sketsa Seharga Rp 400 Ribu, Ternyata Karya Seni Senilai Rp 705 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria terkejut setelah membeli sketsa di sebuah penjualan real estat seharga £22 atau setara dengan Rp 400 ribu. Namun, nyatanya itu adalah sebuah karya seni asli senilai sekitar £37 juta atau setara dengan Rp 700 miliar.

Dilansir Mirror, Sabtu (27/11/2021), pria yang tidak ingin disebutkan namanya itu awalnya membeli sketsa ibu dan anak tanpa bingkai, yang digambar dengan elegan di atas linen kuning.

Dia tidak menduga itu adalah karya seni asli yang memiliki arti penting yang memiliki salah satu monogram paling terkenal di dunia seni "A.D." Albrecht Dürer, seperti yang dilaporkan Majalah Smithsonian.

Sekarang karya seni tersebut telah dinilai oleh para ahli dan cendekiawan, yang setuju bahwa sketsa itu asli dan perkiraan konservatif menempatkan nilainya sekitar £37 juta atau sekitar Rp 700 miliar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Karya Seorang Pelukis Jerman

Sketsa itu dijual di Massachusetts pada tahun 2016 oleh keluarga mendiang arsitek Jean-Paul Carlhian dan sebelumnya telah diturunkan oleh keluarga tersebut. Clifford Schorer, seorang kolektor seni, mengatakan, "Ini adalah momen yang luar biasa ketika saya melihat Dürer. Itu adalah pemalsuan terbesar yang pernah saya lihat atau sebuah mahakarya."

Karya seni itu diverifikasi oleh dua ciri khas, monogram seniman itu dibuat dengan tinta yang sama seperti yang ditampilkan dalam gambar dan itu dilakukan di atas kertas dengan tanda air yang terlihat di lebih dari 200 lembar yang digunakan oleh seniman itu.

Albrecht Dürer adalah seorang pelukis Jerman dari gerakan renaisans, yang membangun reputasi dan pengaruhnya di seluruh Eropa pada usia dua puluhan karena cetakan potongan kayunya yang berkualitas tinggi.

Dia berhubungan dengan seniman besar Italia pada masanya, termasuk Raphael, Giovanni Bellini dan Leonardo da Vinci dan dari tahun 1512 dilindungi oleh Kaisar Maximilian I.

3 dari 3 halaman

Kasus Serupa

Kasus serupa rupanya pernah terjadi yaitu saat seorang pensiunan yang takjub menemukan bahwa perhiasan yang akan dibuangnya selama pembersihan ternyata adalah berlian senilai £2 juta tau setara Rp 38 miliar.

Batu itu dibeli pada booth barang lelang bertahun-tahun yang lalu yang dijual oleh wanita berusia 70-an yang menganggapnya tidak berharga.

Tapi dia diyakinkan bahwa itu berharga oleh seorang tetangga di mana dia diberi berita luar biasa bahwa berlian itu "di luar skala” kekayaannya.