Sukses

Apa Arti Mimpi Tercekik? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi sering kali merupakan jeda dari kenyataan. Mungkin Anda akan memimpikan seseorang yang Anda cintai ketika Anda tertidur malam ini, atau Anda akan membayangkan liburan yang diinginkan atau barang yang ingin Anda beli sendiri.

Dunia mimpi sangat luas dan imajinatif, tetapi dapat dengan cepat menjadi tempat ketakutan dan frustrasi. Mengalami mimpi buruk itu meresahkan. Anda mungkin terbangun dengan keringat dingin, deak jantung berpacu, saat Anda menarik napas dan mengingat bahwa apa yang terjadi tidak nyata.

Bagi banyak orang, mimpi dan mimpi buruk tertentu bisa terjadi berulang. Mimpi buruk dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti stres, kecemasan, dan obat-obatan tertentu, menurut Healthline, seperti dilansir The List, Kamis (25/11/2021). Menentukan apa yang menjadi penyebab mimpi tak mengenakkan mungkin hanya setengah dari pertempuran.

Bagian dari teka-teki yang tersisa adalah menafsirkan apa yang alam bawah sadar Anda coba sampaikan kepada Anda. Terutama, jika Anda bermimpi tentang tercekik atau jenis pengalaman menakutkan lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perasaan Dibatasi

Jika Anda sering bermimpi tercekik, penjelasannya mungkin lebih sederhana dari yang Anda kita. Setelah Anda memahami alasan di balik mimpi buruk ini, akan lebih mudah untuk mencegahnya muncul lagi di masa mendatang.

Anda mungkin bermimpi tercekik jika Anda merasa dibatasi dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda.

Sensasi perasaan dibatasi ini kemudian menjadi cerminan dalam mimpi Anda dan otak Anda menciptakan gambar Anda tercekik karena otak Anda pada dasarnya mencoba untuk memberitahu Anda bahwa Anda sedang dicekik oleh stres Anda.

Salah satu penyebab mimpi buruk yang paling umum adalah kecemasan. Jika Anda merasa cemas tentang sesuatu baik dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda dan situasinya tetap tidak terselesaikan, Anda lebih mungkin mengalami mimpi yang bermasalah, menurut Sleep Foundation.

Hal ini terjadi karena alam bawah sadar Anda merekat pada emosi stres dan memproyeksikan gambar yang mencerminkan perasaan ini. Mimpi tentang tercekik adalah contoh utama dari terjadinya fenomena ini.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Tidak mungkin untuk menghilangkan mimpi buruk sepenuhnya, tetapi jika Anda terjebak pada mimpi yang berulang dan Anda ingin menghapus masalah tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan ini.

Jika Anda bermimpi tercekik karena Anda berada dalam situasi yang mengekang, langkah pertama adalah mengatasi masalah secara langsung. Lepaskan diri Anda dari hubungan yang melelahkan, cari pekerjaan baru, atau jauhkan diri Anda dari anggota keluarga yang bermasalah. Sangat penting untuk menjaga diri sendiri dan kesehatan mental Anda.

WebMD menyarankan untuk membuat perubahan perilaku tertentu juga untuk mencegah mimpi buruk terjadi berulang kali. Kelola stres Anda dengan lebih efektif dengan cara daftarkan diri Anda untuk kelas yoga, unduh aplikasi meditasi, atau cukup jalan-jalan untuk menjernihkan pikiran saat Anda merasa kewalahan.

Ubah kamar tidur Anda menjadi lingkungan yang tenang dan santai sehingga Anda tidak sabar untuk tertidur setiap malam. Mainkan musik yang damai, baca buku, atau selesaikan beberapa teka-teki kata.

Semakin Anda menenangkan pikiran di malam hari, semakin mudah untuk melawan mimpi yang tidak diinginkan.

 

 

Penulis: Anastasia Merlinda

4 dari 4 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran