Sukses

Ganggu Fungsi Otak hingga Obesitas, Ini 4 Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan semua manusia. Dari mulai bayi hingga orang dewasa pun perlu tidur. Umumnya waktu ideal tidur seseorang 8 hingga 9 jam sehari. Namun tentu banyak dari kalian yang tak selalu dapat memenuhi waktu tidur tersebut akibat banyaknya aktivitas.

 

Tapi rupanya tak sedikit pula orang yang malah memiliki waktu tidur sangat banyak sampai melebihi 8 bahkan 9 jam. Tak hanya begadang, rupanya terlalu banyak tidur juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan loh. Berikut ini adalah deretan dari dampak buruk jika Anda terlalu banyak tidur dikutip dari berbagai sumber.

Fungsi Otak Terganggu

 

Tanpa disadari, terlalu banyak tidur dapat mengganggu fungsi otak. Pasalnya tidur memiliki peran penting bagi kinerja otak. Tidur juga dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental.

Jika Anda terlalu banyak tidur, itu bisa meningkatkan risiko gangguan pada memori dan penurunan fungsi kognitif. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur juga berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berisiko Alami Obesitas

Selanjutnya, terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko obesitas. Pasalnya sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam memiliki risiko 21% lebih besar untuk mengalami obesitas.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Risiko Stroke

Orang yang tidur lebih dari 8 hingga 9 jam dikatakan 46% lebih berisiko mengalami stroke dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur ideal.

4 dari 4 halaman

Alami Nyeri

Jika Anda terlalu banyak tidur juga bisa mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh. Terlalu banyak tidur juga dapat membuat seseorang berisiko mengalami sakit kepala dan migrain.