Sukses

Studi: Paling Efektif, Pakai Masker Tekan Kasus Covid-19 hingga 53 Persen

Memakai masker terbukti paling efektif tekan kasus Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang mengetahui pentingnya memakai masker dan bagaimana ini dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19, masih ada sejumlah orang yang menolak untuk melakukannya. Beberapa orang bahkan membenarkan penolakan mereka memakai masker berdasarkan hak asasi manusia.

Namun, pentingnya menggunakan masker untuk menekan penyebaran Covid-19 tidak bisa diremehkan. Dalam sebuah studi global baru-baru ini, terungkap bahwa memakai masker adalah satu-satunya tindakan kesehatan masyarakat yang paling efektif dalam mengatasi Covid-19 dan dapat mengurangi kejadian hingga 53%.

Menurut studi peer-review di British Medical Journal, memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan adalah langkah-langkah efektif untuk membatasi kasus Covid-19. Di mana memakai masker menjadi yang paling efektif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pentingnya melakukan protokol kesehatan meski telah divaksin

“Beberapa tindakan perlindungan pribadi dan sosial, termasuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak fisik dikaitkan dengan pengurangan kejadian Covid-19.”

Mereka mengatakan hasil menyoroti perlunya terus memakai masker, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan di samping program vaksin.

Sementara itu, hasil dari lebih dari 30 penelitian juga menunjukkan pengurangan 25% dengan physical distancing.

 

3 dari 5 halaman

Mencuci tangan dengan benar juga cukup efektif

Di sisi lain, mencuci tangan menunjukkan penurunan 53% dalam kejadian Covid. Meskipun para peneliti mengatakan bahwa ini tidak signifikan secara statistik karena sejumlah kecil studi mencuci tangan yang disertakan.

"Kemungkinan cuci tangan menjadi penanda beberapa perilaku protektif seperti menghindari keramaian, menjaga jarak, dan memakai masker. Temuan dari studi observasional mungkin lebih baik ditafsirkan sebagai dampak dari sekumpulan perilaku protektif yang berkorelasi,” kata para peneliti.

 

4 dari 5 halaman

Langkah-langkah lainnya

Langkah-langkah lain, seperti penguncian dan penutupan perbatasan, sekolah dan tempat kerja memerlukan analisis lebih lanjut untuk menilai potensi efek negatifnya pada populasi. Demikian menurut para peneliti di Monash University dan University of Edinburgh.

Pendanaan untuk langkah-langkah kesehatan masyarakat menyumbang hanya 4% dari penelitian Covid global, kata penulis editorial.

Dengan kasus Covid-19 gelombang ketiga di tanah air yang mengintai, jangan sampai kita melupakan atau mengabaikan pentingnya memakai masker. Jika Anda kebetulan keluar ke tempat umum, jangan lupa untuk menggunakan masker.

5 dari 5 halaman

Infografis tips pakai hand sanitizer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.