Sukses

Dosa Besar, Ini 6 Kerugian Jika Meninggalkan Sholat Lima Waktu

Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi umat muslim, terdapat kerugian jika meninggalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Perintah menjalankan sholat lima waktu terjadi pada peristiwa Isra Mi'raj ketika Rasulullah SAW diperintah Allah SWT.

Sholat lima waktu termasuk wajib untuk dilaksanakan, akan ada dosa besar jika sengaja meninggalkannya. Al-Quran dan hadis juga telah menjelaskan mengenai dosa dan kerugian jika meninggalkan sholat lima waktu.

Terdiri dari sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib dan sholat isya. Sholat lima waktu memiliki rakaat yang berbeda-beda, minimal dua rakaat hingga empat rakaat.

Sebab itu, meninggalkan sholat lima waktu memiliki dosa yang besar sebab termasuk ibadah wajib. Berikut kerugian meninggalkan sholat lima waktu yang dirangkum dari kapanlagi.com, Rabu (27/10/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Amal Pertama Dihisab di Hari Kiamat

Dihisab di hari kiamat, hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya amal yang seorang hamba yang pertama kali dihisab di hari Kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus, maka ia menang dan sukses. Dan jika sholatnya rusak, maka ia menyesal dan rugi. Maka jika ada yang kurang dari sholat fardhunya, Tuhan Azza Wa jalla berfirman, 'Lihatlah kalian, apakah hambaku mempunyai (amal) sholat sunnah, maka itulah yang dapat menyempurnakan kekurangan fardhunya, kemudian semua amalnya (juga) seperti itu." (HR. At-Timidzi)

3 dari 8 halaman

2. Tidak Dikabulkannya Doa

Jika, seorang muslim meninggalkan perintah Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu, maka kerugian selanjutnya yaitu tidak dikabulkannya doa seseorang.

Pada umumnya, setiap manusia tentu memanjatkan doa yang ditunjukkan pada Allah SWT. Dikabulkannya doa akan bergantung pada amal perbuatan umat muslim kepada Allah SWT.

4 dari 8 halaman

3. Dimasukkan ke Dalam Neraka

Sebuah ayat Al-Quran menjelakan mengenai umat muslim yang meninggalkan sholat akan dimasukkan ke dalam neraka Saqar.

"Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?" Mereka menjawab, "Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan shalat." (QS. Al-Mudatsir ayat 42-43)

5 dari 8 halaman

4. Termasuk Orang Kafir

Kerugian meninggalkan sholat lima waktu yaitu termasuk orang kafir, tertera pada sebuah hadis seperti berikut,

"Perjanjian antara kita dengan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, berarti ia telah kafir." (HR. Tirmidzi)

6 dari 8 halaman

5. Tidak Diselamatkan di Akhirat

Segala amal perbuatan manusia akan diperhitungkan pada hari akhir. Bagi umat muslim yang meninggalkan sholat, maka ada kerugian besar yang bisa mengintai di hari kiamat yakni tidak diselamatkan.

7 dari 8 halaman

6. Siksa di Alam Kubur Lebih Pedih

Allah SWT akan menyempitkan kuburuan bagi yang meninggalkan sholat dalam keadaan sempit dan gelap. Tak hanya itu, siksa kubur juga tiada henti akan diperoleh hingga datangnya hari kiamat kelak.

 

Penulis : Alicia Salsabila

8 dari 8 halaman

Infografis 10 Titik Lengah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.