Sukses

Isi Teks Sumpah Pemuda dan Tujuannya

Sumpah Pemuda ditujukan untuk memperkuat rasa persatuan bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia mengenang dan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada tahun ini, hari peringatan Sumpah Pemuda bertepatan pada Kamis 28 Oktober 2021. 

Proses perumusan hasil Sumpah Pemuda dilakukan dengan pelaksanaan rapat yang dilakukan selama tiga kali. Ketiga rapat tersebut dilakukan pada tiga tempat berbeda yaitu Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Gedung Oost-Java Bioscoop, dan Gedung Indonesische Clubhuis Kramat. 

Setelah dilaksanakan kongres yang ketiga barulah berhasil dirumuskan Sumpah Pemuda. Berikut ini adalah isi teks Sumpah Pemuda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunyi Sumpah Pemuda

Pertama, Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. 

Ketiga, Kami poetra dan poetra Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bangsa Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Tujuan Sumpah Pemuda

Merangkum dari Bola.com, Rabu (17/02/21), Sumpah Pemuda memiliki beberapa tujuan antara lain untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah. 

Selain itu, sumpah pemuda juga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan memperluas usaha dan kegiatan agar tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.