Sukses

3 Alasan Pentingnya Mematikan Lampu Saat Tidur

Menyalakan lampu saat tidur dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta- Sejak kecil kita telah terbiasa untuk mematikan lampu sebelum tidur. Mematikan lampu tidak hanya sebagai tanda bahwa sudah waktunya tidur namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Ya, mematikan atau menyalakan lampu dapat mempengaruhi kualitas tidur kita.

Dilansir dari healthline.com, tidur dengan lampu mati dapat membuat otak Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Semakin buruknya kualitas tidur dapat menyebabkan konsekuensi pada kesehatan Anda. Maka, penting bagi kita semua mempertimbangkan apakah lampu tidur akan dinyalakan atau dimatikan. 

Berikut adalah 3 alasan mengapa sebaiknya Anda mematikan lampu saat tidur dirangkum dari beberapa sumber:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempermudah Anda untuk Tidur

Ketika Anda sudah bersiap-siap untuk tidur, matikanlah lampu di kamar Anda dan nyalakan lampu tidur yang memiliki cahaya lebih redup. Dilansir dari Finalnews24.com, tidur dengan suasana kamar yang lebih redup dapat membuat Anda tidur lebih cepat, merangsang produksi melatonin dan hormon sehingga membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. 

Saat kita tertidur dengan lampu menyala, pikiran kita dapat mendeteksi cahaya oleh kelopak mata dan tidak mampu menghasilkan melatonin karena jadi tidak bisa membedakan antara siang dan malam.

3 dari 4 halaman

Mengganggu Ritme Sirkadian

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University Hospital menemukan bahwa tidur di dekat sumber cahaya dapat mengganggu ritme sirkadian. Tubuh kita tidak mengetahui mana waktunya tidur karena ritme tubuh kita terganggu. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan psikologis bahkan akan mengakibatkan putus asa.

4 dari 4 halaman

Menyebabkan Penambahan Berat Badan

Melansir dari healthline.com, sebuah studi pada perempuan menemukan bahwa obesitas lebih banyak terjadi ketika mereka tertidur dengan lampu atau televisi menyala. Namun studi juga menemukan bahwa adanya pencahayaan di luar ruangan tidak memiliki dampak yang terlalu besar bila dibandingkan dengan sumber cahaya di dalam kamar tidur. 

Salah satu penyebab obesitas karena kurang tidur adalah asupan makanan. Menurut sebuah studi, semakin sedikit waktu tidur yang Anda dapatkan semakin banyak makanan yang akan Anda konsumsi keesokan harinya. Hal ini dapat mempengaruhi waktu makan seperti makan larut malam akan menyebabkan penambahan berat badan. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.