Sukses

Telinga Kucing Bersisik, Bisa Jadi Kucing Jamuran

Jamuran tak hanya dialami oleh manusia saja, hewan pun bisa mengalami penyakit tersebut. Salah satunya kucing.

Liputan6.com, Jakarta Jamuran tak hanya dialami oleh manusia saja, hewan pun bisa mengalami penyakit tersebut. Salah satunya kucing. Biasanya jamur hinggap pada bagian tubuh kucing, termasuk pada telinga. Coba saja lihat, jika telinga kucing bersisik dan kemerahan bisa saja itu jamur.

Jika dibiarkan, kucing akan mengaruk bagian telinga yang bisa menyebabkan luka pada bagian tubuh tersebut. Untuk itu, kamu perlu mengobatinya dengan segera. Dilansir liputan6, berikut cara merawat kucing yang berjamur.

Memisahkan kucing

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa jamuran pada kulit kucing bisa menular ke kucing lainnya. Untuk itu, kamu bisa pisahkan dulu kucing yang berjamur dengan kulit lainnya. Kamu bisa menaruhnya di kandang lain. 

Mencukur bulu

Saat jamur menyerang bulu, mereka membuatnya rapuh dan mudah patah. Saat batang rambut patah, serpihan dan spora bulu yang terinfeksi terlepas ke lingkungan dan ke bulu kucing.

Mencukur bulu akan menghilangkan bulu yang terinfeksi dan meminimalkan kerontokan bulu dan spora. Ini juga memungkinkan penetrasi sampo antijamur topikal yang lebih menyeluruh. Memotong bulu dengan hati-hati di sekitar area yang terinfeksi juga akan bermanfaat dalam membantu membuat perawatan lebih efektif dan mengurangi kontaminasi lingkungan dengan spora.

Gunakan sampo

Perawatan kurap yang paling umum pada kucing adalah obat antijamur yang dipasangkan dengan sampo antijamur. Sampo antijamur contohnya seperti sampo yang mengandung mikonazol dan klorheksidin. Ini dapat digunakan dua kali seminggu pada kucing dan terbukti sangat efektif dalam membantu mengobati infeksi. Agar sampo efektif, penting agar ada waktu kontak 10 menit dengan bulu kucing.

Gunakan salep

Terkadang salep topikal digunakan untuk mengobati kurap bersamaan dengan perawatan oral. Krim atau salep antijamur seperti mikonazol bisa berguna untuk area kecil infeksi. Terapi topikal meminimalkan penyebaran spora infektif ke lingkungan, dan membantu menghilangkan kerak, sisik, dan spora infektif dari bulu.

Penggunaan salep atau krim pada kucing perlu dikonsultasikan pada dokter karena kucing cenderung suka menjilat tubuhnya dan salep bisa saja terjilat.

Bawa ke dokter hewan

Jika belum sembuh, kamu bisa bawa kucing peliharaan ke dokter hewan terdekat. Selain itu, kamu bisa memberikan makanan yang begizi dan kaya nutrisi. Hal itu bisa membuat kucing sehat dan terhindar dari jamur. 

Untuk makanan, kamu bisa berikan makanan dry food, seperti Muezza. Makanan kucing itu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing, mengoptimalkan sistem pencernaan, menstimulasi penglihatan kucing, dan mengurangi bau kotorannya. Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Agar lebih praktis, kamu bisa mendapatkan Muezza dengan paket bundling sekaligus. Tentu dengan varian rasa dan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan paket bundling dengan 2 varian sampai 3 varian rasa dari Muezza.

Muezza juga memiliki varian rasa, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.