Sukses

Jarang Terjadi, Kiper Malah Nyangkut di Jala Gawangnya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Gawang kebobolan gol itu sudah biasa buat kiper. Tapi kalau nyangkut di jala gawangnya sendiri, kiper yang satu ini mengalaminya. Sungguh jarang terjadi.

David Marshall sang kiper Skotlandia harus menanggung malu. Sudah kebobolan gol, terperangkap pula di jaring gawang. Momen apes ini dialaminya di Euro 2020, perhelatan sepak bola akbar Benua Biru.

 

 

Kisah sial Marshall berawal saat striker Republik Ceko Patrik Schick tiba-tiba melepas tembakan jarak jauh dari tengah lapangan. Sementara Marshall sudah terlanjur maju meninggalkan gawangnya.

Marshall pun buru-buru balik badan dan berlari kencang kembali ke sarangnya. Matanya tak lepas memandangi bola yang melambung tinggi di atas kepalanya dan mendekati gawangnya.

 

Melihat bola menukik tajam ke dalam gawangnya, Marshall pun mulai melompat. Tangannya menjulur berusaha meraih si bundar.

 

Marshall berada dalam posisi terbang di lompatan tertinggi. Kedua kakinya melayang di udara. Kedua lengannya ada di atas kepalanya. Namun si bundar kadung melesat masuk gawang hingga ke jala. Gol!

 

Sulit ngerem dan mengatur keseimbangan saat mendarat, tubuh Marshall menghajar jala gawangnya. Bahkan jari-jemarinya memegang erat jaring gawang, berupaya menahan beban tubuhnya yang sudah miring. Sementara bola terlihat terpental meninggalkan jala.

 

Marshall terjatuh. Matanya menatap nanar bola yang telah menjadi gol. Bobol! Sementara situasi dirinya semakin rumit. Bukan hanya jari-jemarinya yang tersangkut di jala gawangnya, tapi juga kedua kakinya.

 

Berusaha membebaskan diri dan bangkit namun tak berhasil. Justru semakin runyam. Tubuh Marshal pun nyangkut berselimutkan jaring gawangnya sendiri.

 

Kontras dengan Marshall yang sibuk membebaskan diri dari jala gawang, striker Republik Ceko Patrik Schick justru selebrasi. Dia memecahkan rekor gol terjauh dengan jarak 45,5 meter.

Dalam pertandingan Grup D Euro 2020 pada Senin 14 Juni 2021 ini, Schick menciptakan 2 gol. Ceko pun menang atas Skotlandia 2-0.