Sukses

Tepung hingga Kacang, 7 Makanan Populer Ini Sebaiknya Anda Simpan di Kulkas

Makanan populer ini ternyata sebaiknya Anda simpan di kulkas

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal menyimpan produk makanan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menjaga mereka tetap segar, aman, dan lezat selama mungkin. Penangangan yang salah dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti pembusukan, pertumbuhan jamur, dan bahkan serangan serangga.

Semua orang tahu betapa pentingnya menyimpan beberapa produk makanan seperti susu di lemari es. Faktanya, banyak produk lain yang dapat memperoleh manfaat dari disimpan dalam keadaan dingin yang akan berefek pada meningkatkan umur simpannya, meningkatkan rasa, dan banyak lagi.

Berikut ini beberapa produk makanan populer yang sebaiknya Anda simpan di lemari es seperti dihimpun dari Brightside.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tepung

Bahan pokok dapur ini harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap — idealnya dalam wadah kedap udara. Dengan cara ini, produk terlindungi dari serangga dan tetap segar lebih lama.

Faktanya, tepung putih yang sudah dibuka akan baik-baik saja di lemari es selama 12 bulan, sedangkan pada suhu kamar hanya bisa bertahan 6 hingga 8 bulan.

 

3 dari 8 halaman

2. Apel

Buah ini akan tetap segar dan renyah selama sebulan penuh jika disimpan dalam kantong tahan lembab di lemari es. Disarankan untuk menghindari mencuci apel sebelum menyimpannya karena dapat menyebabkan pembusukan.

 

4 dari 8 halaman

3. Buah-buahan yang asam

Anda dapat menyimpan jeruk, clementine, grapefruit, dan buah jeruk lainnya selama sekitar 2-3 minggu di lemari es dan hanya sekitar 10 hari pada suhu kamar. Tidak perlu memasukkan buah ke dalam wadah atau kantong plastik — lebih baik jika udaranya bersirkulasi.

 

5 dari 8 halaman

4. Kacang-kacangan

Setelah Anda membuka sekantong kacang, yang terbaik adalah memasukkannya ke dalam wadah kedap udara di lemari es untuk menjaga kelembapannya. Dengan cara ini, kacang tetap segar lebih lama.

 

6 dari 8 halaman

5. Ragi

Ragi adalah salah satu produk yang dapat disimpan untuk waktu yang lama di lemari (sekitar 2 tahun) jika tidak dibuka. Tetapi setelah dibuka, sangat mudah rusak dalam kondisi yang salah. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakannya hingga 4 bulan.

 

7 dari 8 halaman

6. Produk roti

Meskipun tidak disarankan untuk menyimpan roti di lemari es (lebih lagi jika itu buatan sendiri), produk seperti roti, roti gulung, dan lainnya dapat "tinggal" di lemari es sedikit lebih lama daripada di dapur (hingga 3 minggu).

Selain itu, menyimpan kantong tortilla yang terbuka di lemari es memungkinkannya tetap segar hingga 3 bulan. Terakhir, adonan pizza, adonan roti gulung, dan biskuit tidak boleh disimpan di suhu ruangan sama sekali karena tidak aman.

 

8 dari 8 halaman

7. Buah dan sayuran kering

Buah dan sayuran kering memang bisa disimpan di lemari dalam waktu lama, hingga 6 bulan. Namun, itu aman hanya selama belum dibuka. Setelah itu terjadi, sebaiknya simpan makanan seperti ini di lemari es karena dapat menjaganya tetap bisa dikonsumsi dari 1 bulan hingga 6 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.