Sukses

8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Disadari Merusak Posturmu

Kebiasaan sehari-hari ini tanpa disadari dapat merusak postur tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta Postur tubuh Anda sangat penting tidak hanya untuk kesehatan Anda tetapi juga untuk kesejahteraan emosional Anda. Postur tubuh yang baik dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan mood, dan bahkan membantu orang yang mengalami depresi.

Tetapi beberapa hal kecil yang Anda lakukan setiap hari tanpa disadari dapat berdampak negatif pada postur Anda.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya namun dapat membahayakan postur Anda. Melansir dari Brightside, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memakai tas selempang

Mengenakan tas yang tidak seimbang di tubuh Anda adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk postur Anda. Semakin berat tasnya, semakin besar masalah yang ditimbulkannya pada tulang belakang Anda.

Malahan jika Anda membawa tas di satu bahu dan beratnya tidak merata, hal itu dapat menyebabkan cedera leher dan bahu, postur tubuh yang buruk, dan bahkan sakit kepala.

2.Tidur dengan selimut tebal

Saat tidur di bawah selimut besar yang empuk mungkin terasa nyaman. Namun, saat Anda merapikan tempat tidur mengharuskan Anda untuk membungkuk dan menggunakan otot-otot Anda. Untuk menghindari sakit punggung, pilih selimut yang lebih ringan.

 

3 dari 5 halaman

3. Bekerja dengan laptop

Meskipun laptop memungkinkan Anda bekerja dari mana saja, lebih baik atasi godaan untuk duduk di kursi Anda. Membungkuk dan menatap layar dapat melelahkan otot Anda dan pada akhirnya menyebabkan postur tubuh yang buruk.

Faktanya, menurut sebuah penelitian, terus-menerus melihat ke bawah ke layar dapat membuat otot Anda tegang seperti halnya meletakkan beban 60 pon di leher Anda.

4. Sering menyetrika

Menyetrika membuat Anda membungkuk di atas papan setrika, yang pada gilirannya dapat memperburuk postur Anda. Jika Anda sering menyetrika, gunakan kursi dengan punggung tinggi dan letakkan handuk gulung di belakang punggung agar tidak membungkuk.

Hal yang tak jauh berbeda terjadi bila Anda terbiasa menyetrika dengan cara duduk di lantai. Sering-seringlah meregangkan badan meski menyetrika sambil duduk di lantai.

 

 

4 dari 5 halaman

5. Memakai kacamata

Mengenakan kacamata yang salah dapat menyebabkan leher Anda sakit, yang selanjutnya akan memengaruhi postur Anda. Saat Anda memiringkan kepala ke belakang untuk melihat melalui bagian bawah lensa Anda, otot-otot di leher Anda tegang, menyebabkan sesak.

Untuk mencegah rasa sakit, pastikan kepala Anda tidak terlalu dekat dengan layar dan istirahatlah secara teratur untuk meregangkan tubuh atau berjalan-jalan.

6. Menjepitkan ponsel di antara telinga dan leher saat menggunakannya

Duduk di meja kantor selama berjam-jam tidak membantu postur tubuh Anda, tetapi cara Anda duduk bukanlah satu-satunya hal yang dapat menyakiti tulang belakang Anda. Menjepit ponsel di antara bahu dan telinga mungkin membantu tangan Anda tetap bebas untuk mengetik, tetapi pada akhirnya, hal itu dapat menyakiti punggung Anda.

Leher dan bahu Anda tidak dimaksudkan untuk menahan posisi ini untuk waktu yang lama, dan kebiasaan ini dapat membebani otot-otot di punggung atas Anda, sehingga memengaruhi postur Anda.

 

5 dari 5 halaman

7. Menambahkan susu ke kopi

Meskipun susu dan produk olahan susu lainnya dianggap sebagai bagian dari pola makan yang sehat, makanan ini dapat menyebabkan peradangan dan dapat memperburuk sakit punggung yang ada, yang pada akhirnya akan memengaruhi postur tubuh Anda. Kafein juga dapat mengatur lingkungan yang sempurna untuk nyeri punggung bawah dan bahkan menyebabkan nyeri punggung kronis.

8. Sering bermain tenis

Bermain tenis secara rutin bisa membuat otot Anda pegal. Saat Anda terus-menerus menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang, hal itu dapat memberi tekanan pada persendian di tulang belakang, menyebabkan punggung Anda sakit. Untuk mencegah cedera tenis, kenakan sepatu dengan daya serap goncangan yang baik dan pastikan untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.