Sukses

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Jus Seledri

Berikut ini deretan manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh jika konsumsi jus seledri secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tak asing dengan daun seledri. Daun seledri merupakan jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai pelengkap makanan.

Ternyata, seledri tak hanya dapat digunakan sebagai bahan pelengkap makanan saja loh. Pasalnya tumbuhan berwarna hijau ini ternyata sangat kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itu mengapa seledri akan memberikan manfaat luar biasa jika dikonsumsi secara rutin. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, Anda pun dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Saat ini jus seledri sendiri telah menjadi tren dalam hidup sehat. Minuman ini tidak hanya kaya akan manfaat tetapi juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Jus seledri memang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi rutin seperti penurunan berat badan, mengurangi peradangan, dan masih banyak lainnya. Dilansir dari The List, berikut ulasannya.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tubuh Akan Mendapatkan Banyak Nutrisi

Minum jus seledri setiap hari membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi. Selain rendah kalori dan menghidrasi, jus seledri juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh agar dapat berfungsi secara maksimal.

Faktanya, menurut Healthline, jus seledri mengandung nutrisi penting termasuk beta karoten, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, serta vitamin A, K, dan C.

3 dari 6 halaman

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi bukanlah lelucon, dan ini juga tidak jarang terjadi di Amerika Serikat. Menurut American Heart Association, lebih dari 100 juta orang Amerika berjuang dengan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, demensia, dan banyak lagi. Untungnya, minum jus seledri setiap hari mungkin bisa menurunkan tekanan darah Anda.

Menurut Healthline, Seledri mengandung fitokimia yang melemaskan jaringan dinding arteri. Hal ini menyebabkan peningkatan aliran darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, sebuah laporan yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review (via NCBI) menemukan bahwa seledri benar-benar dapat mengurangi hipertensi pada 14 dari 16 total pasien yang diteliti dalam penelitian tersebut.

4 dari 6 halaman

Dapat Mencegah Beberapa Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis tampaknya tidak memiliki satu obat yang sempurna, atau bahkan penyebabnya. Untungnya, jika Anda minum jus seledri setiap hari, Anda bisa mengurangi risikonya.

Para peneliti telah menemukan bahwa flavonoid mungkin dapat mencegah penyakit kronis dan seledri mengandung flavonoid yang tinggi. Faktanya, sayuran ini adalah salah satu sumber flavonoid terbesar di luar sana.

5 dari 6 halaman

Mencegah Batu Ginjal

Minum jus seledri setiap hari sebenarnya bisa berfungsi untuk mencegah batu ginjal. Menurut Healthline, jus seledri dianggap membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Jus ini juga membantu membersihkan tubuh sehingga Anda bisa mengeluarkan batu itu.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Peradangan

Menurut Harvard Medical School, peradangan tampaknya memainkan peran dalam pengembangan empat penyakit degeneratif utama yang dikenal sebagai penyakit arteri koroner, diabetes, kanker, dan Alzheimer. Untungnya, minum jus seledri setiap hari bisa membantu kamu mengurangi peradangan. Menurut penelitian American Chemical Society, flavon dalam seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.