Sukses

Hanya Menggunakan Lemon, Trik Bersihkan Kotoran dan Minyak Menempel pada Oven

Liputan6.com, Jakarta - Oven menjadi salah satu benda yang banyak yang dimanfaatkan orang di dapur. Dengan menggunakan oven, orang dapat memanggang kue serta masakan lainnya.

Kegunaan oven memang banyak membantu dalam urusan dapur. Namun sayangnya, membersihkan oven bukanlah hal yang mudah.

Hal ini sering terlihat dari sisa makanan yang terbakar atau kotoran berminyak di dalamnya. Meski begitu, kita harus membersihkan oven secara rutin agar tidak mudah rusak.

Untungnya, ada trik agar oven Anda bisa bersih kembali seperti semula. Trik ini pun sangat mudah dan murah.

Ya, Anda dapat menghilangkan kotoran serta minyak yang menempel pada oven hanya dengan satu bahan sederhana yaitu lemon.

2 dari 4 halaman

Membersihkan Oven dengan Lemon

Lemon mudah ditemukan, sangat murah dan berfungsi sebagai salah satu produk pembersih ramah lingkungan terbaik. Seperti yang kita ketahui lemon memiliki banyak manfaat. Salah satunya bahkan dapat dimanfaatkan untuk membersihkan oven yang berkerak bahkan berminyak. 

Melansir dari Goodtoknowthis, Jumat (21/5/2021), Anda dapat melakukannya dengan memanaskan oven pada 200 derajat. Kemudian potong lemon menjadi beberapa irisan. Kemudian letakkan irisan lemon di piring tahan oven dan isi dengan air mendidih. Tempatkan piring tersebut di oven selama sekitar 10 menit.

Uap lemon tersebut dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa minyak yang menempel di dalam oven. Jika kotoran dan minyak telah hilang, selanjutnya Anda dapat dengan mudah membersihkan semuanya dengan kain atau kertas dapur.

3 dari 4 halaman

Jangan Gunakan Bahan Kimia

Lupakan tentang bahan kimia dan jangan gunakan bahan abrasif. Hal ini dapat merusak oven Anda secara permanen.

Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan oven Anda dengan semua jenis produk pembersih mahal, cukup menggunakan lemon dan lakukan cara di atas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: