Sukses

Bisa Tidur Hingga 16 Jam Sehari, Ini Fakta Lain Kebiasaan Tidur Kucing

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan jenis hewan yang memiliki jadwal tidur paling lama. Rata-rata mereka bisa tidur hingga 16 jam sehari. Malahan, bagi kucing yang baru lahir, biasanya mereka bisa tidur seharian penuh. Bukan karena malas, banyaknya jam tidur dipicu oleh pola makan kucing yang tergolong karnivora. 

Tidur membantu tubuh kucing untuk mencerna makanan tinggi protein sehingga kekebalan tubuhnya tetap terjaga dan organ-organ tubuhnya bekerja dengan baik. Alasan lainnya adalah, di alam luar, kucing merupakan predator yang mangsanya cukup sulit ditangkap. Jadi mereka akan terus mengejar mangsa sampai dapat. Akibatnya, kucing butuh energi yang lebih banyak untuk berburu. Itulah sebab kenapa kucing paling lama jadwal tidurnya. Atau meskipun tidak tidur, mereka berlama-lama beristirahat.

Tetap Waspada Meski Mata Tertutup

Saat kucing tampak beristirahat dengan mata tertutup, nyatanya hewan peliharaan ini tetap waspada dengan lingkungan sekitarnya. Jika ada ancaman yang mendekat, kucing punya kemampuan untuk bangun dan bisa langsung lari atau menyerang.

2 dari 3 halaman

Mudah Tidur Dimana Saja

Keunikan lain dari kebiasaan tidur kucing adalah dia mudah tidur di mana saja, bahkan dengan posisi yang menurut manusia kurang nyaman dan berbahaya. Dia bisa tidur lelap.

Kucing Bermimpi?

Kucing tidur dengan cara yang hampir sama seperti manusia. Mereka bisa terlelap dalam tidurnya dan perlu tidur nyenyak untuk bisa meregenerasi dirinya sendiri dan membantunya tetap sehat. Uniknya, kucing juga bisa bermimpi, hal ini terlihat dari semua kedutan dan suara kecil yang dibuat saat terlelap.

Terjaga di Malam Hari

Kebiasaan kucing terjaga di malam hari ini berasal dari insting alaminya yang memilih berburu di malam hari. Selain itu, kebiasaan pemiliknya yang pergi sepanjang hari juga mempengaruhi pola aktivitas kucing. Dengan bermalas-malasan di siang hari, maka ia mengajakmu bermain di malam hari.

3 dari 3 halaman

Kucing Tidur di Atas Kepala Pemiliknya

Beberapa kucing menyukai aktivitas ini, terlebih bila pemiliknya mengijinkan si kucing masuk ke dalam kamar. Alasan kucing tidur di atas kepala pemiliknya, pertama karena kepala merupakan bagian tubuh yang paling hangat yang disukai. Kedua, kepala cenderung tidak bergerak dibandingkan lengan atau kaki, sehingga kucing menyukainya karena jam tidurnya tidak terganggu.

Untuk selalu menjaga kesehatan kucing dan bulu-bulunya jangan lupa untuk memberikan makanan kucing yang mengandung nutrisi lengkap dan tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan kucing, Muezza. Brand makanan kucing kering yang dibuat hanya dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Tanpa penambahan bahan sintetik, cat food ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan kadar yang seimbang, tidak kurang atau berlebihan.

Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang membuat pemiliknya kini bebas cemas saat memegang makanannya secara langsung. Selain itu, juga lebih leluasa mengurus hewan peliharaan seperti mencuci wadah makannya, membawa makanan kucing bepergian, hingga mencari tempat penyimpanannya.

Ada 4 varian rasa lezat yang bisa dipilih, mulai dari Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor, Tuna Flavor, dan Mackerel Flavor. Pilih cat food yang sehat dan halal seperti Muezza, yang bisa segera dibeli secara online di Shopee maupun Tokopedia. 

 

(*)