Sukses

Selain Buahnya, Daun Jambu Biji Miliki Manfaat Bagi Kesehatan

Nah, penasaran apa saja manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi daun biji? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Daun jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ekstraknya dapat diolah menjadi suplemen dan daunnya sebagai teh herbal.

Tak kalah menarik dari buahnya, daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan hingga mengontrol kadar gula darah.

Melansir dari Healthline, Senin (03/05/2021), sebuah penelitian pada 19 orang partisipan diharuskan minum teh daun jambu biji setelah makan. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh partisipan berhasil menurunkan kadar gula darah.

Efek tersebut bertahan hingga dua jam. Hal ini membuktikan bahwa daun jambu biji bisa digunakan untuk obat herbal. Nah, penasaran apa saja manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi daun jambu biji? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Atasi Masalah Pencernaan

Ekstrak daun jambu biji bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang telah memberikan hasil yang nyata. Bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi rentang waktu dan intensitas diare.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa ekstraknya bersifat antimikroba. Artinya, mikroba berbahaya di dalam usus yang menyebabkan diare dapat dinetralkan. Sehingga mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin dapat mencegah dan mengurangi diare dan sembelit.

3 dari 5 halaman

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian tabung yang melibatkan hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah dalam jangka panjang, menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin.

Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian dengan 20 partisipan pengidap diabetes tipe 2. Hasilnya ditemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi teh daun jambu biji setelah makan dapat mengurangi kadar gula darah lebih dari 10%.

 

4 dari 5 halaman

3. Kesehatan Jantung Meningkat

Tak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, daunnya juga terbukti dapat menyehatkan jantung. Ekstrak daun jambu biji banyak dihubungkan dengan penurunan kolesterol jahat, peningkatkan kolesterol baik dan penurunan tekanan darah. 

Sebab, kolesterol jahat yang tinggi dan tekanan darah tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan strok. Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin dapat membuat jantung menjadi sehat.

 

5 dari 5 halaman

4. Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

Saat menstruasi, perempuan sering mengalami sakit pada bagian perut atau kram perut. Banyak dari mereka terbiasa mengonsumsi obat dari dokter ketika mengalami hal itu.

Masalah ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji. Ekstrak ini terbukti dapat mengurangi intensitas nyeri karena kram perut.

Pada penelitian dengan 197 perempuan yang merasakan nyeri saat menstruasi diberi instruksi agar mengkonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak ini dapat mengurangi rasa nyeri saat kram perut. Bahkan obat herbal ini lebih manjur di antara beberapa obat lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.