Sukses

Dukung Program Pemerintah, UNIKA Atma Jaya Gelar SVADaya Bagi Lansia dan Pelayan Publik

Ikatan Alumni UNIKA Atma Jaya bersinergi bersama UNIKA Atma Jaya dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan ProSehat menggelar program vaksinasi massal.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Alumni UNIKA Atma Jaya bersinergi bersama UNIKA Atma Jaya dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan ProSehat menggelar program vaksinasi massal di Kampus 3 BSD UNIKA Atma Jaya, Cisauk.

Program vaksinasi ini merupakan bentuk perwujudan tanggung jawab komunitas pendidikan terhadap masyarakat serta dukungan untuk mensukseskan program pemerintah Indonesia untuk mempercepat pengendalian pandemi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sentra vaksinasi untuk masyarakat Tangerang ini menjadi milestone baru bagi konstribusi Kampus 3 BSD UNIKA Atma Jaya yang difokuskan sebagai Center of Human Development bagi kemajuan masyarakat dan negara di masa pandemi COVID-19.

Dalam kick-off pembukaan Sentra Vaksinasi COVID-19 Atma Jaya ber-Daya (SVADaya), Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memberikan apresiasi atas kesiapan dan kolaborasi UNIKA Atma Jaya, Ikatan Alumni dan ProSehat yang telah berhasil menyiapkan sentra vaksinasi di Kabupaten Tangerang dan berharap sentra ini dapat mempercepat upaya penurunan penularan virus COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Mendukung Program Vaksinasi Pemerintah

Kami atas nama pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran UNIKA Atma Jaya yang dalam waktu singkat dapat menyiapakan Kampus Atma Jaya sebagai sentra vaksinasi untuk warga Kabupaten Tangerang. Kami berharap sentra vaksinasi ini sanggup memaksimalkan program vaksinasi dapat mempercepat penurunkan dan mengurangi penularan virus COVID-19,” ujar Ahmed Zaki Iskandar.

Rektor UNIKA Atma Jaya, Dr. A. Prasetyantoko menyebut dengan program vaksinasi ini menunjukan kesiapan kampus untuk kembali menggelar perkuliahan tatap muka sesuai dengan arahan pemerintah. Prasetyantoko juga menyebut sentra vaksinasi ini merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian kampus UNIKA Atma Jaya dalam upaya mendukung program vaksinasi pemerintah menuju Indonesia sehat.

Vaksinasi hari ini penting untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, khususnya bagi kelompok prioritas lansia dan tenaga pendidik dan kependidikan. Vaksinasi ini juga penting untuk mendukung pemulihan kondisi perekonomian dan sosial negara akibat pandemi. Sentra vaksinasi ini bentuk kepedulian dari komunitas UNIKA Atma Jaya bagi kesehatan masyarakat dan kontribusi untuk pemulihan Indonesia,” Jelas Rektor UNIKA Atma Jaya.

 

3 dari 4 halaman

Target Vaksin Gratis

UNIKA Atma Jaya bersama Ikatan Alumni menargetkan pemberian vaksin gratis kepada setidaknya 3.000 kelompok prioritas lansia dengan kartu tanda penduduk Kabupaten Tangerang juga pelayan publik UNIKA Atma Jaya. Program vaksinasi tahap pertama ini direncakan akan dibuka selama lima hari mulai 17 Maret 2021 sampai dengan 21 Maret 2021 akan menerima vaksin COVID-19 produksi Biofarma.

Sesuai dengan arahan pemerintah, program vaksinasi tahap dua ditargetkan untuk pekerja publik esensial dan masyarakat lanjut usia berusia diatas 60 tahun. Pekerja publik antara lain terdiri dari pendidik, tenaga kependidikan, tokoh agama, dan pegawai pemerintah.

Vaksinasi massal di Kampus 3 UNIKA Atma Jaya bagi lansia dan pelayan publik ini calon penerima bisa datang untuk menerima vaksin dengan melakukan pendaftaran lebih dulu melalui situs www.vaksinasiatma.id atau melalui chatbot WhatsApp ProSehat.

Founder ProSehat dan Alumni FKIK UNIKA Atma Jaya, dr. Gregorius Bimantoro, menyebut bahwa sinergi ini diharapkan dapat mempercepat program vaksinasi pemerintah untuk menekan angka infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Vaksinasi ini sangat penting untuk melindungi masyarakat dari COVID-19. Dengan melakukan vaksinasi, maka dapat membantu menghasilkan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk mengenali dan dapat dengan cepat melawan virus penyebab infeksi,” jelas dr. Bimo yang juga Ketua Program Sentra Vaksinasi Atma Jaya ini.

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Sejumlah Institusi

Ketua Ikatan Alumni UNIKA Atma Jaya, dr. Gahrani, Sp.OG menyebut bahwa kegiatan dapat terlaksana berkat kolaborasi baik antar alumni UNIKA Atma Jaya dengan sejumlah institusi mitra dan didukung oleh dinas kesehatan Kabupaten Tangerang. Ini juga merupakan salah satu kontribusi dan kepedulian alumni kepada almamater.

"Kegiatan ini adalah bentuk peduli, intuitif dan kecintaan kami terhadap almamater kami telah memanggil kami untuk berkarya mewujudkan acara vaksinasi ini. Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak hingga terlaksananya kegiatan ini," tambah dr. Gahrani, Sp.OG.

Vaksin merupakan produk biologis yang memberikan kekebalan khusus terhadap sebuah penyakit tertentu seperti COVID-19. Selain terus dengan ketat menerapakan protokol Kesehatan 5 M, vaksin akan berguna melindungi kita dari ancaman serius COVID-19 yang selama ini telah menghambat sarat kehidupan masyarakat terlebih sektor pendidikan.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyaratkan pembukaan kampus di tengah pandemi masih mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang dimumkan pada akhir 2020 lalu. Dalam SKB tersebut perguruan tinggi bisa melangsungkan kegiatan belajar tatap muka jika telah mengantongi izin pimpinan perguruan tinggi, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat, pemerintah daerah dan orang tua mahasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini