Sukses

5 Manfaat Kesehatan Buah Plum, Tingkatkan Imunitas hingga Atasi Diabetes

Liputan6.com, Jakarta - Plum menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu, karena rasa manis hingga asam yang membuatnya segar bila dikonsumsi.

Buah ini memiliki lebih dari 2000 jenis berbeda dalam berbagai ukuran dan warna yang bervarias, dari kuning, ungu, hijau dan merah.

Selain lezat, buah plum nyatanya sangat bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kandungan antioksidan, vitamin serta mineral lainnya, membuat plum berkontribusi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari buah plum? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (22/1/2021). 

1. Membantu Pencernaan  

 

Plum mengandung banyak serat yang bisa membantu mengatur sistem pencernaan.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition and Food Research menunjukkan bahwa buah plum mengandung polifenol dan karotenoid yang membantu menurunkan peradangan gastrointensinal dan merangsang pencernaan.

2 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Kekebalan

Kandungan vitamin C dalam buah plum bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan.

3 dari 6 halaman

3. Mengurangi resiko diabetes

Plum memiliki indeks glikemik rendah dan mengkonsumsinya tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan efek anti-hiperglikenik buah plum dalam menurunkan kadar gula darah dan trigliserida.

4 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Plum kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang berkontribusi pada kulit yang sehat, bercahaya dana wet muda.

Vitamin C mampu menunda keriput kulit dan mengurangi kekeringan pada kulit, sehingga memperbaiki penampilan kulit.

5 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung

 

Serat, flavonoid dan senyawa fenolik yang ada dalam buah plum bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: