Sukses

8 Hal Menarik Seputar Hidung Kucing dan Indra Penciuman Kucing

da lebih banyak hal tentang hidung kucing dan indra penciuman yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu.

Liputan6.com, Jakarta Setiap organ tubuh makhluk hidup itu unik dan menarik. Tidak hanya pada diri manusia, melainkan juga binatang-binatang peliharaan. Contoh kucing, hewan berbulu lucu, berkaki empat dengan ekor yang tidak suka bergerak.

Dari semua bagian organ tubuh kucing, hidung salah satu yang menarik. Ada lebih banyak hal tentang hidung kucing dan indra penciuman yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu. Hidung kucing adalah tempat kecil yang lucu untuk mencium atau mengendus setiap hal yang dia temui. Dikutip dari dari catstes, hidung memainkan peran besar dalam kehidupan seekor kucing.

Berikut ini beberapa hal menarik seputar hidung dan indra penciuman kucing:

1. Hidung kucing adalah organ indra terpenting

 

Kucing memiliki 200 juta reseptor aroma di rongga hidungnya. Kebanyakan ras anjing bahkan tidak mendekati jumlah itu. Indra penciuman kucing membimbingnya untuk memangsa, memberi tahu apakah makanan dapat dimakan atau beracun, memberi tahu di mana kamu pernah berada, dan bahkan membantunya menemukan rumah jika dia tersesat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hidung kucing bercerita tentang kucing lain di sekitar kamu

Kucing luar ruangan menandai wilayahnya dengan air kencing atau kotoran, jadi jika kucing kamu keluar rumah, dia dapat mengetahui apakah ada orang yang mengganggu di kamar atau tempat tinggalnya. Selain itu, indra penciuman kucing dapat mendeteksi kucing betina yang sedang birahi. Hal ini karena kucing yang siap kawin melepaskan feromon tertentu yang hanya terdeteksi oleh hidung kucing.

3. Indera penciuman kucing merangsang nafsu makannya

 

Kucing memiliki sangat sedikit reseptor rasa di lidahnya dibandingkan dengan manusia, jadi bau makanan yang merangsang rasa lapar. Itulah sebagian besar alasan mengapa kucing dengan infeksi saluran pernapasan atau hidung tersumbat berhenti makan. Jika mereka tidak dapat mencium makanannya, mereka tidak akan lapar.

 

3 dari 4 halaman

4. Saling mengendus adalah sapaan kucing

Jika kamu pernah melihat dua ekor kucing mendekati satu sama lain, saling mengendus hidung, bagian samping dan pantat, lalu melanjutkan untuk bersama, kamu telah melihat bahwa kucing tersebut memiliki kesamaan dan ketertarikan.

5. Ada bau yang tidak disukai kucing

 

Karena hidung kucing sangat sensitif, bau yang sangat menyengat dan tidak enak dapat menyiksa kucing. Inilah salah satu alasan saya menyarankan untuk tidak menggunakan kotoran kucing beraroma: Baunya mungkin enak untuk Anda, tetapi bisa membuat hidung teman kucing Anda kewalahan. Umumnya, kucing juga dikenal tidak menyukai bau lemon, jeruk, asap rokok, cabe, dan menthol.

 

4 dari 4 halaman

6. Warna hidung kucing berhubungan langsung dengan warna bulunya

Kucing hitam memiliki hidung hitam, kucing putih memiliki hidung merah muda, kucing oranye memiliki hidung oranye, kucing abu-abu memiliki hidung abu-abu dan sebagainya. Dan jika kucing kamu beraneka warna, dia mungkin saja memiliki hidung yang beraneka warna juga. Beberapa kucing juga memiliki bintik hidung, dan beberapa kucing memiliki perubahan warna hidung yang nyata.

7. Kucing memiliki "sidik hidung"

Setiap hidung kucing memiliki pola tonjolan dan tonjolan yang unik, seperti sidik jari manusia. Dan tidak ada sidik hidung dua kucing yang sama.

8. Kucing menjilat hidungnya

 

Ini seperti menyetel tombol penciuman atau membersihkan hidungnya. Menjilat hidung bisa jadi tanda menghilangkan residu apapun seperti serbuk sari yang mungkin tertinggal dan mengganggu indra penciuman kucing. Namun, ada yang menyebutkan juga bahwa jika kucing menjilat hidungnya bisa jadi tanda bahwa kucing sedang gelisah atau gugup dan tidak ada hubungannya dengan indra penciuman sama sekali.

Itu beberapa hal menarik seputar hidung dan indera penciuman kucing. Dari sini kamu bisa semakin mengenal dan belajar untuk bisa merawat kucing.

 

Ingatlah bahwa kebanyakan kucing adalah makhluk yang ingin tahu, dan suka menyelidiki makanan yang ditinggalkan di meja dapur atau di bak cuci piring. Jika kucing kamu dapat dengan mudah melompat ke tempat tersebut, pastikan untuk menjauhkan makanan berbahaya atau beracun dari jangkauannya. Biar kucing kesayangan makin sehat dan menggemaskan, pastikan selalu berikan asupan nutrisi terbaik yang baik untuk kesehatannya.

Pastikan kandungan gizinya selalu terjaga dengan mengonsumsi Muezza yang mengandung Omega 3, protein, vitamin dan berbagai kandungan nutrisi lain untuk meningkatkan kesehatan kucing kesayangan. Muezza sendiri sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand dan hadir dalam 4 pilihan rasa, yaitu Tuna, Makarel, Salmon, dan Ocean Fish. Buruan beli Muezza di toko online Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.