Sukses

5 Hal Unik dan Menarik Seputar Kucing, Nomor 4 Mengejutkan

Ada banyak hal unik dan menarik seputar kucing, terlebih lagi ada rasa kucing eksotis yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai binatang peliharaan favorit manusia, pembicaraan seputar selalu menarik. Mulai dari jenis atau ras, perilaku kucing sehari-hari hingga cara perawatannya. 

Dibalik itu terdapat beberapa hal unik dan menarik seputar kucing, terlebih lagi ada rasa kucing eksotis yang ada di Indonesia. Berikut ulasannya yang dikutip dari Muezza Indonesia.

1. Usia Kucing

Rata-rata kucing dapat mencapai umur 12-15 tahun. Namun untuk kucing yang hidup dalam rumah bisa berumur lebih panjang, 16 sampai dengan 20 tahun. Lebih lama dibandingkan kucing yang liar maksimal berumur 8 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jari Kaki Kucing

Buat kamu yang memelihara kucing pasti sudah tahu jawaban ini. Jari-jari kucing ternyata memiliki jumlah yang berbeda. Kucing normal memiliki 5 jari pada kaki depan dan 4 jari pada kaki belakang, sehingga berjumlah 18 jari.

Uniknya, pada kucing polidaktil memiliki 6 jari pada kaki depan dan 5 jari pada kaki belakang, sehingga jari kakinya berjumlah 22 jari dan bahkan dapat lebih dari itu. 

3. Tinggi Lompatan Kucing

Rata-rata kucing bisa melompat hingga 5 kali tinggi tubuhnya. Tinggi lompatan kucing dipengaruhi oleh usia, ukuran dan kesehatan kucing itu sendiri.

The Journal of Experimental Biology di Britania Raya menyimpulkan bahwa kucing unggul dalam lompatan karena massa otot kaki belakang dan panjang kaki mereka. Kucing memaksimalkan kekuatan lompatan mereka dengan mengambil ancang-ancang sangat rendah, lalu mengangkat kaki depan mereka sebelum mendorongkan kaki belakang mereka secara eksplosif.

3 dari 3 halaman

4. Kucing Berani Melawan Serangan Ular

Mudah sekali bagi manusia untuk menakuti kucing atau mengusir ia pergi. Namun jangan berpikir kucing sepenuhnya penakut. Ternyata kucing tergolong binatang berani melawan serangan ular. Bahkan, beberapa ular takut dengan kucing. 

Meskipun berani, bukan berarti kucing kebal terhadap bisa ular, ya. Kucing memiliki refleks yang super cepat saat berkelahi dengan ular. Ia bisa menghindari serangan ular sekaligus menyerangnya di waktu yang bersamaan. Jadi salah satu cara yang bisa kamu adopsi untuk mencegah ular masuk ke rumah, salah satunya bisa dengan memelihara kucing.

5. Ras Kucing Eksotis di Indonesia

Tahukah Kamu? Tidak hanya jenis ras Persia atau Angora ataupun jenis kucing domestik yang sering kita temui, Indonesia ternyata juga memiliki ras kucing eksotis yang tidak kalah unik dengan kucing-kucing ras pada umumnya, seperti Kucing Congkok/Leopard Cat, Kucing Bakau/Fishing Cat, Kucing Merah/Bornean Bay Cat/Bornean Red Cat.

Kucing Merah termasuk satwa liar yang dilindungi oleh pemerintah. Kucing yang berasal dari Kalimantan ini memiliki corak bulu berwarna kemerahan. Ukuran dewasanya sekitar 50 hingga 60 sentimeter dengan panjang ekor sekitar 30-40 sentimeter. Berat tubuhnya sekitar 3 sampai 3,5 kilogram.

Itulah beberapa hal unik dan menarik seputar kucing. Buat kamu yang memelihara kucing pastikan untuk senantiasa memberikan makanan dan nutrisi yang dibutuhkan kucing agar selalu tumbuh sehat dan aktif. Berikan makanan kucing merek Muezza. Ini merupakan makanan kucing halal dengan kandungan nutrisi seimbang yang diperlukan oleh kucing.

Makanan halal di sini tidak ditujukan langsung buat kucingnya, melainkan buat kamu sebagai pemelihara kucing, agar lebih tenang pada saat memegang makanan kucing, membersihkan peralatan makan hingga leluasa menyimpan makanan kucing dimanapun.

Perlu informasi seputar Muezza kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung pesan makanan kucing ke official store Muezza di Tokopedia dan Shopee.

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini