Sukses

Viral, Kisah Pria Rela Berdiri Seharian Demi Cegah Orang Buang Sampah ke Sungai

Masih ada segelintir individu yang peduli untuk memastikan lingkungannya bersih, seperti yang dilakukan pria dari India ini.

Liputan6.com, India - Sampah, khususnya sampah plastik telah menjadi masalah global. Penyebabnya tentu akibat ulah tangan manusia yang membuang sampah sembarangan hingga menyebabkan pencemaran lingkungan. 

Untungnya, masih ada segelintir individu yang peduli untuk memastikan lingkungannya bersih, seperti yang dilakukan pria dari Indiaranagar, Nashik, India ini.

Kisah pria bernama Chandra Kishore Patil ini mampu menarik perhatian publik setelah petugas IFS Swetha Boddu mengunggah kisah mengenai dirinya yang rela berdiri seharian di jalan dekat sungai agar warga tidak membuang sampah sembarangan. 

Dalam unggahan akun Twitter @swethaboddu, menunjukkan potret Patil berdiri di samping tumpukkan kantong sampah yang tersusun rapi di sebuah kawasan di Godavari.

“Saya melihat pria ini berdiri di jalan ini sepanjang hari dengnan peluit di tangan untuk menghentikan orang-orang membuang Dussehra ‘sampah suci’ dalam kantong plastik ke Godavari, Nashik,” keterangan dalam unggahan itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Dijalani Selama 5 Tahun

Melansir dari Hindustantimes, Selasa (10/11/2020), Patil menyebutkan bahwa dirinya selama ini tinggal di dekat sungai. Semakin lama air sungai itu menjadi lebih kotor karena warga membuang sampah mereka ke sungai setelah perayaan.

Untuk itu, lima tahun lalu dia memutuskan untuk mengambil sikap dan menghentikan warga untuk mencemari sungai. 

Patil mengatakan bahwa dia telah melakukan ini selama lima tahun hingga saat ini. Dan akan terus melakukannya sampai kesehatannya memungkinkan. 

“Saya berdiri di pinggir sungai dari pagi sampai jam 11 malam dengan bersiul dan menyiagakan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” kata Patil kepada HT. 

 

3 dari 4 halaman

Suka Mendapat Perlakuan Kasar

Sampah yang terkumpul nantinya dikumpulkan oleh pemerintah kota dan dibawa ke tempat pembuangan sampah terpisah.

Aksinya itu tentu mendapatkan respons pro-kontra dari warga. Dia menambahkan bahwa banyak yang bersikap kasar dengannya, tapi dia tetap meberitahu orang-orang itu untuk tidak melakukan hal-hal seperti tersebut.

“Untuk menghadapi orang-orang yang kasar dengan saya, saya akan mengisi botol kosong dengan air sungai dan meminta orang itu untuk menghirupnya. Ketika mereka menolak, saya membuat sadar mereka akan polusi parah di sungai,” lanjut Patil.

4 dari 4 halaman

Viral

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Hingga kini unggahan itu bahkan telah mendapat lebih dari 1,4 ribu suka dan 340 retweet.

Warganet pun menanggapi unggahan itu dengan berbagai respons. Banyak dari mereka memuji aksi yang dilakukan Patil.

"Pahlawan masyarakat yang sesungguhnya," kata seorang warganet.

"Merasa bangga dan senang memiliki orang-orang seperti itu," lanjut warganet lainnya.

"Salut yang besar untuk tanggung jawabnya," sahut seorang warganet.

“Dia adalah inspirasi sejati,” tulis warganet lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.