Sukses

Madu hingga Beras, 5 Bahan Makanan Ini Tak Punya Masa Kedaluwarsa

Berbagai produk biasanya memiliki masa kedaluwarsa, namun deretan bahan ini justru bertahan lama.

Liputan6.com, Jakarta Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi umat manusia. Manusia perlu makan setiap hari untuk bertahan hidup. Makanan umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang harus kita perhatikan. 

Di zaman modern ini, banyak makanan bisa bertahan berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun jadi kita bisa menyimpan dan menggunakannya kapan pun kita membutuhkannya.

Namun rupanya tak semua makanan memiliki tenggat waktu loh. Pasalnya ada beberapa bahan makanan yang bisa bertahan sangat lama bahkan tak bisa basi. Dilansi dari lama Kitchenpaint, berikut deretan makanan yang tak memiliki masa kedaluwarsa. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Madu

Madu adalah makanan yang sangat tahan lama. Madu bisa bertahan selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad. Namun, madu akan menjadi hitam dan kehilangan aroma atau rasanya.

Jika tidak dikemas dengan baik, madu akan berubah menjadi mengkristal. Oleh karena itu biasanya pada kemasan madu tertulis keterangan madu hanya dapat bertahan dipakai selama dua tahun.

3 dari 6 halaman

2. Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur untuk makanan sehari-hari. Garam merupakan bahan dasar dapur yang dapat digunakan dan bertahan selamanya. Faktanya, garam sudah ada selama miliaran tahun sebelum dipanen dari endapan batu ataupun laut.

Namun, garam meja bisa kadaluarsa karena mengandung zat aditif. Yodium dan antikoagulan akan membusuk seiring berjalannya waktu. Sebab, umur garam meja hanya sekitar lima tahun saja.

4 dari 6 halaman

3. Beras

Kita semua tahu bahwa nasi yang dibiarkan terlalu lama tentu saja akan basi. Namun beras yang belum diolah bisa bertahan hingga 30 tahun. Cobalah untuk simpan beras di dalam wadah kedap udara atau kantong pembeku. Hal ini dapat mencegah beras dari kutu.

5 dari 6 halaman

4. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan pembuat kue yang cukup awet. Bahkan jika disimpan dengan benar, baking soda dapat bertahan untuk waktu yang tak terbatas. Namun, tanggal kadaluarsa biasanya tertera pada kemasan baking soda. Tanggal itu adalah tanggal ketika baking soda kehilangan potensi dan teksturnya.

Jika baking soda bertahan dalam keadaan tetap kering, maka baking soda akan bertahan selamanya. Selain itu, tidak disarankan untuk menyimpan baking soda di lemari es.

6 dari 6 halaman

5. Kopi Bubuk

Kopi bubuk merupakan bahan makanan yang memiliki umur untuk simpan hingga 2 tahun. Faktanya, beberapa blogger di kedai kopi mengatakan bahwa wadah yang belum dibuka memiliki umur simpan yang tidak terbatas. Namun, jika segel dibuka, ada kemungkinan mengganggu kelembapan dan dapat memunculkan jamur.

Penulis:

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.