Sukses

Begini Cara Agar Koper Keluar Bagasi Pesawat Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Menunggu bagasi setelah pesawat yang Anda tumpangi mendarat sering kali membuat penumpang jengkel. Bagaimana tidak, menunggu koper di tempat pengambilan bagasi terkadang banyak menyita waktu.

Namun, ternyata ada cara bagaimana kopermu bisa keluar bagasi lebih cepat. Melansir dari Mentalfoss, Jumat (25/9/2020), caranya yakni mempermainkan sistem dan memastikan pengiriman koper yang cepat begitu Anda turun dari pesawat, menurut Travel + Leisure.

Untuk mendapatkan layanan bagasi VIP yang sebenarnya, tanyakan kepada perwakilan di belakang konter check-in apakah mereka dapat menempelkan stiker "rapuh" ke tas Anda.

Koper dengan label semacam ini sering kali dimuat terakhir dan dibongkar terlebih dahulu.

Namun, perhatikan bahwa Anda memerlukan tag baru setiap kali Anda terbang. Jika terlihat tua, atau dikeluarkan oleh maskapai lain, kru mungkin tidak memperhatikannya, menurut Condé Nast Traveler.

Trik lain yang dapat mengurangi beberapa menit waktu tunggu Anda adalah memastikan bahwa Anda adalah orang terakhir yang check-in.

Ini bisa membuat tas Anda menjadi yang terakhir di pesawat, dan dengan demikian menjadi salah satu yang pertama dibawa keluar. Namun, metode ini tidak pasti, karena sistem bongkar muat bervariasi di antara penerbangan.

Semoga berhasil. Tidak peduli apa yang terjadi, setidaknya Anda telah mencoba.

2 dari 3 halaman

Tips Agar Terhindar dari Kuman hingga COVID-19 di Pesawat

Penyebaran dari pandemi Virus Corona COVID-19 menimbulkan kekhawatiran ketika hendak melakukan perjalanan domestik maupun internasional menggunakan pesawat.

Karena jumlah kasus terus meningkat di beberapa bagian dunia, pembatasan perjalanan tidak akan dilonggarkan dalam waktu dekat. 

Maskapai penerbangan menunda dan membatalkan penerbangan secara global, tetapi bagi banyak orang, perjalanan tetap merupakan fungsi yang penting.

Beberapa orang telah menunda rencana mereka untuk mengurangi risiko infeksi, tetapi jika Anda benar-benar perlu melakukan perjalanan melalui udara, Anda tetap perlu bersikap waspada.

Lewati antrean di konter bandara dan hindari kontak yang tidak perlu dengan check-in ke penerbangan Anda secara online.

Banyak maskapai penerbangan mengizinkan penumpang untuk check-in hingga 24 jam sebelum keberangkatan penerbangan mereka. Ini adalah opsi teraman dan ternyaman, dan Anda juga akan terhindar dari kuman di tempat check-in bandara.

Ketika memesan tempat duduk Anda selama proses pembelian tiket atau check-in, apa yang Anda pilih akan membuat perbedaan dalam potensi paparan kuman.

Beberapa maskapai penerbangan telah memilih untuk mengosongkan kursi tengah, meninggalkan Anda dengan dua opsi lain di pesawat berukuran sedang yang khas.

Penumpang di kursi dekat jendela terpapar orang paling sedikit selama penerbangan, jadi itu seharusnya menjadi pilihan terbaik Anda.

Hindari memesan kursi di dekat lorong, yang berisiko paling tinggi bersentuhan dengan banyak orang.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker

Memakai masker wajah dan kain penutup wajah dengan benar sangat penting untuk mengurangi penyebaran virus corona dan patogen lainnya. Ini akan melindungi Anda dan orang lain juga. 

Beberapa maskapai penerbangan mewajibkan penutup wajah karena tindakan menjaga jarak sosial jauh lebih sulit dilakukan di dalam pesawat.

"Penting untuk diingat bahwa semua panduan baru yang kami gunakan selama beberapa bulan terakhir, seperti jarak sosial dan tindakan kebersihan, masih berlaku saat Anda bepergian," kata pakar perjalanan dan pendiri 5 Star Villa Holidays John Paul Donnelly.