Sukses

Kerap Tak Terlihat, 10 Tanda Kanker Prostat Ini Harus Anda Ketahui

Ada beberapa tanda kanker prostat yang harus Anda ketahui untuk mencegahnya menjadi lebih parah

Liputan6.com, Jakarta Kanker prostat menempati urutan kedua setelah kanker kulit dalam hal tingkat kematian akibat kanker pada pria. Sayangnya, tak seperti kanker kulit yang dapat diidentifikasi dengan mata telanjang, gejala kanker prostat bisa jauh lebih sulit ditentukan saat penyakit ini berada di tahap awal.

“Kanker prostat biasanya tidak memiliki gejala sampai pada tahap selanjutnya,” ujar urolog yang berbasis di Virginia, Jennifer Young, MD, kepada StoneSprings Hospital Center.

"Itulah mengapa skrining dengan tes darah antigen spesifik prostat (PSA), dan terkadang pemeriksaan colok dubur, direkomendasikan."

Selain mendapatkan pemeriksaan rutin, dokter menyarankan Anda untuk mewaspadai gejala kanker prostat dan segera menemui dokter jika memiliki salah satu gejalanya. Apa saja gejala tersebut? Melansir dari Bestlifeonline, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bengkak di tungkai dan kaki

Menurut Universitas Johns Hopkins, pembengkakan di sekitar kaki bisa jadi merupakan gejala kanker prostat stadium lanjut, terutama bila terjadi bersamaan dengan gejala lain, termasuk "disfungsi ereksi atau kencing."

Ketika kanker menyebar ke kelenjar getah bening, itu menyebabkan penyumbatan, yang menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan di tubuh Anda.

 

3 dari 8 halaman

2. Nyeri di pinggul dan paha atas

Menurut Robert J. Cornell, MD, ahli urologi di Houston, Texas, selain pembengkakan di tubuh bagian bawah, nyeri di pinggul atau paha atas juga bisa menjadi gejala potensial kanker prostat.

3. Nyeri di daerah panggul bagian bawah

Cornell juga mengatakan bahwa ketika kanker prostat semakin parah, Anda mungkin juga mengalami nyeri tumpul di area panggul bagian bawah. Ini digambarkan sangat mirip dengan rasa sakit yang Anda rasakan saat sakit gigi yang artinya bukan jenis nyeri atau nyeri yang akan Anda rasakan setelah latihan keras.

 

4 dari 8 halaman

4. Sakit di tulang

Rasa sakit pada tulang Anda dalam kapasitas apa pun tidak boleh diabaikan, terutama jika parah atau terus-menerus.

"Pada orang dewasa, bentuk paling umum dari kanker tulang adalah ketika kanker dari organ lain telah menyebar ke tulang. Pada pria, umumnya kanker prostat," Gregory Domson, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Richmond, Virginia, kepada UVA Health.

"Jadi, jika Anda mengalami nyeri tulang, itu akan menjadi indikator yang jelas bahwa sesuatu sedang terjadi," katanya.

 

5 dari 8 halaman

5. Rasa tak nyaman saat duduk

Jangan menganggap rasa sakit atau ketidaknyamanan saat Anda duduk bukanlah masalah besar. Ini adalah tanda peringatan lain dari kanker prostat, dan biasanya terjadi saat penyakit berkembang.

Dalam artikel di websitenya, ahli urologi dan ahli bedah robotik yang berbasis di New York City, David Samadi, MD, mengatakan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh pembesaran prostat, yang membuatnya sangat tidak nyaman untuk duduk dengan normal.

 

6 dari 8 halaman

6. Nyeri saat naik atau turun tangga

Kesulitan berjalan atau menaiki tangga karena nyeri? Saatnya membuat janji dengan dokter Anda.

Menurut ahli urologi yang berbasis di Carolina Selatan, Neal Shore, MD, itu adalah gejala yang dapat muncul saat kanker prostat berkembang.

7. Kehilangan berat badan yang tak diketahui sebabnya

Jika Anda tiba-tiba kehilangan berat badan entah dari mana tanpa berolahraga, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan — termasuk kanker prostat.

Menurut Prostate Cancer U.K., penurunan berat badan sering kali terjadi pada kanker prostat karena "perubahan cara tubuh Anda menggunakan energi", dan pada akhirnya dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah.

 

7 dari 8 halaman

8. Nyeri punggung bawah

Ini bisa terjadi karena banyak sebab. Tapi jika itu terjadi tiba-tiba dan sangat mengganggu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

"Sangat mudah untuk mengabaikan nyeri punggung bawah kronis dan melewatkannya sebagai gejala kanker prostat," kata Tempe, ahli onkologi naturopati berbasis di Arizona, Heather Paulson, ND.

"Jika Anda mengalami nyeri punggung bawah yang tidak membaik dengan pengobatan, pastikan untuk memeriksakan diri. Terkadang itu adalah tanda pertama kanker prostat yang bisa Anda ketahui."

 

8 dari 8 halaman

9. Mengalami masalah saat buang air

Ada beberapa masalah yang dapat timbul terkait buang air jika Anda menderita kanker prostat. Masalah-masalah tersebut yakni sulit buang air, sering buang air di malam hari, masalah kontrol saat buang air, rasa panas atau sakit saat buang air, tekanan lemah saat buang air, bahkan darah di dalam urin.

Jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut, ada baiknya Anda menemui dokter untuk mencari bantuan.

10. Rasa sakit saat klimaks dan darah di semen

Melihat darah di air mani Anda juga bisa menandakan masalah yang sangat serius. "Jika Anda seorang pria berusia di atas 40 tahun dan memiliki darah di air mani, Anda perlu diskrining untuk kanker prostat," kata Paulson.

Begitupun apabila Anda mengalami rasa sakit selama klimaks berhubungan seksual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.