Sukses

Bersuara Lantang Saat Mengajar, Guru Ngaji Ini Bikin Muridnya Auto Enggak Ngantuk

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kantuk kamu menyerang saat belajar mengaji? Tentu, hal ini pasti pernah dialami sebagian individu di masa kecilnya.

Jika merasa mengantuk, sesekali guru ngaji kamu pasti tak segan untuk menegur dan memintamu fokus kembali. Kali ini kamu tidak perlu khawatir akan mengantuk, karena guru ngaji satu ini bisa buat mata kamu auto melek.

Baru-baru ini, sebuah video yang diunggah akun Twitter @apeLiijo menunjukkan semangat seorang guru ngaji yang tengah mengajarkan murid-muridnya untuk membacakan huruf Arab dengan tepat. Uniknya, guru perempuan ini memiliki suara lantang dan keras yang membuat murid-muridnya terus terbelalak menatapnya. 

Dengan secarik kertas, ia mulai mencontohkan pelafalan satu per satu huruf tersebut dengan cara yang menyenangkan. 

2 dari 4 halaman

Metode Pengajarannya

Suara lantang yang dikeluarkan guru ngaji tersebut memenuhi seisi ruangan. Di dalam proses belajar dan mengajar, perempuan tersebut mengajak anak-anak didiknya untuk aktif mengikuti cara pelafalan yang diucapkan olehnya.

Metode yang digunakan sudah tak asing lagi, metode Qiraati salah satu metode membaca Al-Qur'an yang dilihat dari hasil bacaan murid. Totalitas guru ini nampak dari semangatnya membacakan satu per satu rangkaian huruf Arab.

Hebatnya, ia juga terampil dalam menghafal satu per satu nama muridnya. Hal ini dilakukan agar seluruh muridnya tetap fokus memperhatikan materi yang disampaikan. 

"Satrio...Kiki...Danang," sahut guru ngaji tersebut sambil menunjukkan huruf bacaannya. 

Setelah menyebutkan nama muridnya, ia menyuruh anak-anaknya membaca bersama dan terus diulanginya. Jika muridnya hilang fokus, guru ngaji tersebut langsung menegur mereka untuk memperhatikan.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Video tersebut pun sontak membuat warganet kagum. Banyak dari mereka menanggapinya dengan berbagai respons positif atas materi mengaji yang diberikan. 

"Rata-rata guru paud dan TK emang begini powernya. Dulu pernah ngajar sementara di paud, kaget banget berasa dibentak," tulis akun @Bina_Bangga.

"Pernah ngerasain begini juga, guru TK harus ekstra pokoknya kalo ngajar butuh tenaga dobel, oleng dikit sudah langsung kacau kelas karena anak towaf," ucap akun @nilaadillah.

"Guru model begini fav bgt, apalagi yg hafal semua nama peserta didik & memahami karakter mereka. Istimewa," balas akun @asfina_syifa.

"Pulang pulang suara abis itu bocah disangkain emaknya minus es teros," sahut akun @rvndbby.

"Sehuruf minumnya seliter gegara aus wkwkwkk terlalu semangat mah," cuit akun @palengggggggg.

Hingga kini unggahan tersebut telah meraih 3 ribu retweet dan 9 ribu suka. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: