Sukses

Meski Terdengar Aneh, 6 Tips Ini Terbukti Ampuh Buat Tubuh Lebih Sehat

Deretan tips yang terdengar aneh ini justru bisa bikin tubuh lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Seperti makan makanan yang sehat, rutin berolahraga, hingga tidur yang cukup.

Tapi tak hanya itu, ternyata masih ada sejumlah tips lain yang dikatakan mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Meski begitu tips tersebut nampak terlihat berlawanan dengan intuisi untuk menjaga kesehatan  dan mungkin membuat kalian bingung.

Namun rupanya setelah dilakukan, hal-hal tersebut memang terbukti membuat tubuh sehat. Berikut sejumlah di antaranya, dirangkum dari time.com, Senin (31/8/2020):

1. Minum Kopi untuk Tidur Siang yang Berkualitas

Penelitian di Jepang yang meneliti bagaimana memanfaatkan tidur siang secara maksimal, menemukan bahwa orang yang melakukan "coffee nap", di mana mereka mengonsumsi sekitar 200 miligram kafein (jumlah dalam satu hingga dua cangkir kopi) dan segera beristirahat selama 20 menit akan merasa berkinerja lebih baik daripada mereka yang hanya tidur siang.

Mengapa ini terjadi? Tidur siang 20 menit adalah waktu yang tepat di mana kafein akan masuk dan membersihkan otak dari molekul yang disebut adenosin sehigga memaksimalkan kewaspadaan.“Adenosin adalah hasil dari keadaan beraktivitas,” kata Allen Towfigh, MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine.

“Saat adenosin meningkat, kita menjadi lebih lelah. Tidur siang bermanfaat untuk menghilangkan adenosin dan bila dikombinasikan dengan kafein yang merupakan penghambat adenosin, maka akan memperkuat efek tidur siang.”

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jangan Menyikat Gigi Segera Setelah Makan

Jangan langsung menyikat gigi setelah makan dan minum, terutama makanan dan minuman yang bersifat asam. Howard R. Gamble, mantan presiden Akademi Kedokteran Gigi Umum mengatakan bahwa makanan dan minuman asam seperti buah jeruk, minuman olahraga, tomat, soda dapat melembutkan enamel gigi hingga "seperti pasir basah".

Menyikat gigi pada tahap ini dapat mempercepat efek asam pada enamel anda dan mengikis lapisan di bawahnya. Gamble menyarankan untuk menunggu terlebih dahulu selama 30 hingga 60 menit sebelum menyikat.

3 dari 6 halaman

3. Tambahkan Otot Jika Ingin Miliki Ukuran Pakaian Lebih Kecil

Jika dua wanita sama-sama memiliki berat 68 kg dan hanya satu yang melakukan olah raga mengangkat beban, maka si pengangkat tersebut kemungkinan besar akan memiliki ukuran celana yang lebih kecil daripada rekannya yang tidak berolahraga.

Demikian pula, wanita seberat 68 pon yang mengangkat beban bisa mengenakan ukuran yang sama dengan wanita seberat 63 kg yang tidak berolahraga.

Mark Nutting, direktur kebugaran SACO Sport & Fitness di Saco, Maine mengatakan bahwa alasannya karena meskipun 0,46 kg lemak memiliki berat yang sama dengan 0,46 kg otot, otot membutuhkan lebih sedikit ruang.

“Anda bisa mendapatkan otot yang lebih besar dan memiliki ukuran lebih kecil secara keseluruhan jika Anda menghilangkan lemak,” katanya. Kurangi kalori dan tambahkan beban pada latihan Anda untuk menurunkan inci.

4 dari 6 halaman

4. Untuk Mengurangi Jumlah Asupan, Makan yang Banyak

Amy Goodson, RD, ahli diet untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine mengatakan bahwa memakan sekotak cemilan 100 kalori mungkin tampak menggiurkan, tetapi itu akan membuat Anda lebih cepat lapar daripada jika makan sesuatu yang lebih banyak.

"Makan sedikit karbohidrat tidak mempengaruhi apapun selain meningkatkan gula darah dan membuat Anda ingin mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat."

Goodson merekomendasikan untuk mengkonsumsi protein seperti selai kacang atau keju dengan apel. "Memang memiliki kalori lebih tinggi per porsi, tetapi protein dan lemaknya membantu Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama yang akan membuat anda makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan," katanya.

5 dari 6 halaman

5. Jangan Minum Minuman Berenergi

Goodson mengatakan, minuman energi mengandung kafein lima kali lebih banyak daripada kopi, tetapi efek yang diberikan cepat hilang dan disertai dengan efek samping yang tidak menyehatkan seperti gugup dan detak jantung yang cepat.

Ditambah lagi, minuman energi sering kali mengandung taurin tingkat tinggi, stimulan sistem saraf pusat, dan lebih dari 50 gram gula per kaleng (setara dengan 13 sendok teh!).

Komponen-komponen manis tersebut dapat meningkatkan gula darah yang membuat Anda lesu dan pusing dan akhirnya ingin mengkonsumsinya lagi.

6 dari 6 halaman

6. Minum Air yang Hangat untuk Dinginkan Tubuh

Mana yang menurut Anda akan mendinginkan tubuh Anda lebih cepat di pagi hari di musim panas: es teh atau teh panas? Penelitian menganggap minum teh panas dalam cuaca panas adalah hal yang biasa, seperti di India.

Saat anda mengkonsumsi minuman panas, tubuh Anda merasakan perubahan suhu dan meningkatkan produksi keringat Anda. Kemudian, saat keringat menguap dari kulit, Anda akan mendingin secara alami.

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.