Sukses

Waspada Virus Corona, Hindari Menyentuh 11 Benda Ini dengan Tangan yang Belum Dicuci

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa terhindar dari penularan virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan tangan merupakan faktor penting yang mencegah penyebaran virus Corona. Bagaimanapun, penelitian menunjukkan bahwa virus ini dapat masuk lewat mulut, hidung, dan mata. Dengan kata lain, semua bagian tubuh yang biasa disentuh.

Jika Anda menyentuh bagian-bagian tubuh tersebut dengan tangan yang tak dicuci yang tanpa disadari mengandung partikel virus, Anda dapat dengan mudah menginfeksi diri Anda sendiri.

Berikut beberapa hal yang menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat tak boleh Anda sentuh dengan tangan yang tak dicuci. Melansir dari Bestlifeonline, ini dia:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Masker

CDC mengatakan Anda harus selalu mencuci tangan sebelum memakai masker. Dan jika Anda perlu mengatur letak masker di wajah, jangan lakukan dengan tangan yang tak dicuci.

 

3 dari 7 halaman

2. Gagang pintu di tempat umum

CDC menganjurkan agar Anda mencuci tangan sebelum memasuki sebagian besar ruang publik, terutama jika Anda harus menyentuh pegangan pintu di ruang publik. Ini termasuk pegangan pintu restoran, toko, dan kantor.

3. Bahan makanan yang akan dimasak

Jika Anda menyiapkan makanan sendiri di rumah, sebaiknya Anda mencuci tangan sebelumnya, terutama jika Anda baru pulang dari toko bahan makanan. Penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum mentiapkan atau makan makanan.

 

4 dari 7 halaman

4. Makanan yang disajikan

Jika Anda menjadi tuan rumah atau menghadiri pertemuan dengan makanan yang dihidangkan, CDC mendorong semua tamu dan tuan rumah untuk mencuci tangan sebelum menyajikan atau makan makanan. Ini dapat membantu mencegah penyebaran virus saat bergaul dengan orang lain.

5. Tong sampah

Beberapa tong sampah harus Anda buka penutupnya. Dianjurkan memakai sarung tangan saat membukanya lalu segera cuci tangan setelahnya.

 

5 dari 7 halaman

6. Buku di perpustakaan atau toko buku

Materi apapun yang Anda dapatkan dari perpustakaan atau toko buku dianggap 'item bersama' yang telah disentuh oleh banyak orang. Karena Anda tak dapat memastikan seberapa bersihnya atau apakah buku itu didesinfeksi setelah ditaruh di rak, Anda harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuhnya.

7. ATM

Jika Anda harus mengambil uang di ATM, cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan mesin tersebut. Jika tidak bisa, gunakan cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

 

6 dari 7 halaman

8. Kolam renang umum

Jika Anda datang untuk menggunakan kolam renang umum, Anda harus melakukannya dengan tangan yang telah dicuci. Anda juga harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum makan atau minum apapun saat menggunakan kolam renang umum.

9. Kendaraan umum

Baik Anda naik bus, kereta api, MRT, atau berbagi tumpangan, atau bahkan menggunakan sepeda umum bersama, Anda sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan transportasi umum.

 

7 dari 7 halaman

10. Tombol lift

Sebaiknya Anda menggunakan siku untuk menekan tombol lift di masa pandemi atau tak menyentuhnya sama sekali. Namun jika harus, lakukan dengan tangan yang baru dicuci. Dan Anda juga harus mencuci tangan setelahnya, tentunya.

11. Seseorang yang terkena virus Corona

Jika Anda merawat seseorang yang sakit dengan virus Corona, perlindungan terbaik adalah memakai sarung tangan. Namun jika tak punya, Anda harus mencuci tangan sebelum dan setelah kontak dengan orang tersebut atau mengantarkan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.