Sukses

5 Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda dengan Tomat

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pasti memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Meskipun tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat, tetapi lingkaran hitam itu sangat sulit dihilangkan.

Salah satu alasan utamanya adalah karena kulit di bawah area mata memiliki lapisan yang sangat tipis. Hal itulah yang membuatnya berubah warna dengan cepat.

Lingkaran hitam di bawah mata sering kali mengurangi tingkat rasa percaya diri. Selain itu, bagi kaum hawa, lingkaran hitam bisa merusak penampilan atau merusak riasan pada wajah.

Ada tip dan solusi mudah untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan meggunakan tomat. Tomat menjadi salah satu bahan pemutih alami terbaik yang bisa mencerahkan kulitmu.

Karena kaya akan vitamin C, tomat membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulitmu. Likopen dalam tomat melindungi kulitmu dari sinar matahari. Sifat antibakteri dan antipenuaan juga membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kulit.

Selain tomat, ada beberapa bahan alami lainnya yang menjadi campuran untuk mengatasi masalah mata panda. Penasaran bahan apa saja dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (11/8/2020). 

2 dari 7 halaman

1. Tomat dan Aloe Vera

Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi dan pelindung kulit dari gel lidah buaya yang akan mengurangi pembengkakan di bawah matamu.

Yang perlu kamu siapkan, satu tomat dan 1 sdm gel lidah buaya segar. Lalu haluskan tomat hingga menjadi pasta, setelah itu aduk rata dengan gel lidah buaya.

Kemudian oleskan pasta di bawah matamu. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Ulangi perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

3 dari 7 halaman

2. Tomat dan Lemon

Salah satu bahan pencerah kulit terbaik adalah lemon. Buah yang memiliki aroma khas ini mengandung asam sitrat yang dikenal memiliki sifat anti penuaan dan anti inflamasi. Oleh karena itu, ini adalah perawatan rumahan yang bagus untuk membasmi mata pandamu.

Kamu memerlukan 1 sdt jus tomat, 1 sdt jus lemon dan kapas. Lalu campur kedua bahan tersebut dengan rata. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam campuran itu dan oleskan di bawah matamu.

Biarkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Ulangi perawatan ini sekali seminggu untuk mendapat hasil yang diinginkan.

4 dari 7 halaman

3. Tomat dan Kentang

Enzim, katekolase yang ada dalam kentang membantu mengurangi flek dan noda hitam. Dicampur dengan khasiat pemutih dari tomat, ini menjadi obat yang bagus untuk mengatasi mata panda.

Yang kamu pelukan satu tomat matang dan satu kentang. Lalu hancurkan tomat menjadi bubur, kupas kentang dan haluskan hingga menjadi pasta. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata.

Kemudian oleskan campuran ini di bawah matamu dan biarkan sampai mengering. Lalu bilas hingga bersih menggunakan air. Ulangi perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5 dari 7 halaman

4. Tomat, Mentimun dan Mint

Mentimun dikenal bisa menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan bawah mata. Sementara itu, mint efektik menghidrasi kulit dan dengan demikian mengurangi lingkaran di bawah matamu.

Bahan yang perlu kamu siapkan, 1 sdm tomat yang sudah dihaluskan, 1 sdm mentimun yang sudah dihaluskan dan 5-6 daun mint.

Aduk semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan campuran tersebut di bawah matamu. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Ulangi perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

6 dari 7 halaman

5. Tomat, Tepung Gram dan Lemon

Lemon menjadi obat yang efektif untuk mencerahkan kulit. Sementara tepung gram bisa membersihkan kulit secara mendalam untuk mencingkirkan sel kulit mati dan kotoran.

Yang perlu kamu siapkan, 2-3 sdm tomat halus, 2 sdt tepung gram dan 1/2 sdt jus lemon. Lalu aduk semua bahan hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan pasta di bawah matamu, biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas hingga bersih dan ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: