Sukses

Kunyit Ampuh Atasi Jerawat, Ini 5 Cara Menggunakannya

Nah, penasaran bagaimana menggunakan kunyit untuk masalah jerawat? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Kunyit diklaim sebagai bumbu emas, karena manfaatnya bagi kesehatan. Rempah satu ini telah banyak digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan mencerahkan kulit.

Tak heran jika banyak individu menjadikan bumbu ajaib ini untuk perawat kulit alami yang dibuat sendiri.

Selain itu, kunyit penuh dengan sifat antibakteri, anti-inflamasi dan memiliki efek terapeutik pada kulit. Ini mengandung komponen aktif yang kuat, curcumin dan polifenol yang membantu memerangi jerawat, menyembuhkan kulit dan menenangkan kulit yang meradang.

Nah, penasaran bagaimana menggunakan kunyit untuk masalah jerawat? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (3/8/2020).

1. Kunyit dan Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang memperkaya kulit dengan sifat obat. Terbukti efektif melawan jerawat dan memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membantu menyebuhkan kulit lebih cepat.

Yang kamu butuhkan 1/2 sdt kunyit dan 2 sdm gel lidah buaya. Lalu campurkan seluruh bahan dalam mangkuk dengan baik. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan bilang dengan air biasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kunyit dan Madu

Madu adalah pelembut yang efektif untuk kulit. Jadi, sementara kunyit melakukan tugasnya untuk memerangi jerawat, madu memastikan kulitmu tetap lembab dan lembut.

Selain itu, sifat antibakteri pada madu bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang menjadikannya obat ampuh untuk jerawat.

Yang kamu butuhkan 1 sdt kunyit dan 1/2 sdt madu mentah. Lalu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk rata. Lalu oleskan campuran ini ke wajahmu atau hanya di atas jerawat. Diamkan di kulitmu selama 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air.

3 dari 5 halaman

3. Kunyit dan Yogurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu pengelupasan kulit secara ringan agar tetap bersih dan indah, dan tentunya bebas jerawat untuk waktu yang lama.

Kamu memerlukan 2 sdm yogurt dan 1/2 sdt kunyit. Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta ke area yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

4 dari 5 halaman

4. Kunyit dan Susu

Susu mengandung asam laktat yang membersihkan kulit dari bakteri berbahaya dan jika dicampur dengan kunyit sudah cukup untuk mencegah jerawat.

Yang kamu butuhkan 2 sdm susu, 1/2 sdt kunyit dan kapas. Lalu campurkan susu dan kunyit dalam mangkuk. Celupkan kapas pada campuran tersebut, oleskan pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit hingga kering dan bilas dengan air biasa.

5 dari 5 halaman

5. Kunyit dan Lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri yang menjaga kulit bersih dari bakteri berbahaya. Selain itu, ia juga memiliki sifat antiseptik yang berpotensi mengeringkan jerawat yang paling keras kepala.

Yang kamu butuhkan 1/2 sdt kunyit dan 1 sdm jus lemon. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada area berjerawat. Biarkan 10 menit dan bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.