Sukses

Pengguna Android, Segera Hapus 19 Aplikasi Jahat Ini

19 aplikasi jahat ini sudah diunduh hingga jutaan kali oleh pengguna Android di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - 19 aplikasi jahat sudah diunduh hingga jutaan kali oleh pengguna Android di seluruh dunia. Google pun  menghapus aplikasi-aplikasi berbahaya dari toko aplikasi Google Play Store. Ini demi melindungi jutaan pengguna Android di seluruh dunia.

Upaya Google ini dilakukan seiring dengan banyaknya malware jahat yang kerap menarget pengguna. Begitu juga para pengembang jahat yang bermaksud mencari keuntungan dari pengguna.

Dalam laporan terbaru yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Daily Record, ada 19 aplikasi jahat yang diblokir oleh Google. Temuan 19 aplikasi jahat ini mulanya diketahui oleh White Ops Satori Thread Intelligence and Research.

White Ops Satori menemukan 19 aplikasi jahat yang mampu mengisi perangkat dengan iklan yang tak diinginkan oleh penggunanya. Cukup jelas aplikasi-aplikasi ini telah disuntik adware.

Adware ini kemudian mengambil alih perangkat begitu smartphone dalam kondisi tak terkunci atau sedang diisi daya. Adware ini juga bisa meluncurkan serangannya terlepas dari apakah aplikasi yang terinfeksi dibuka pengguna atau tidak. Sejumlah aplikasi bahkan bisa bersembunyi dari pengguna dengan cara menghilang ketika setelah diunduh.

Saksikan Video Android Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Trik Jahat

Trik ini kerap dipakai oleh hacker, sehingga makin susah bagi orang untuk menemukan dan menghapus aplikasi jahat di perangkatnya. Tim White Ops mengatakan, mereka mengidentifikasi aplikasi tersebut berbahaya segera setelah mengidentifikasi trafik iklan yang sangat tinggi.

Aplikasi-aplikasi yang diinvestigasi ini juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Parahnya aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 3,5 juta kali secara totalnya.

Menurut White Ops, mayoritas aplikasi banyak memakai kata "Blur" sebagai nama aplikasi. Kebanyakan dari aplikasi ini mengaku sebagai aplikasi editor foto yang memiliki kemampuan untuk mengeblurkan foto. 

Begitu mendapatkan informasi tentang aplikasi berbahaya ini, pihak Google langsung menghapusnya dari Play Store. Google juga mengajak para pengguna untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi jahat itu dari perangkatnya.

3 dari 4 halaman

1-10 Aplikasi Jahat

Berikut adalah daftar aplikasi jahatnya:

1. Auto Picture Cut: diunduh 100 ribu kali

2. Color Call Flash: diunduh 50 ribu kali

3. Square Photo Blur: diunduh 500 ribu kali

4. Square Blur Photo: diunduh 500 ribu kali

5. Magic Call Flash: diunduh 50 ribu kali

6. Easy Blur: diunduh 100 ribu kali

7. Image Blur: diunduh lebih dari 100 ribu kali

8. Auto Photo Blur: diunduh 100 ribu kali

9. Photo Blur: diunduh 500 ribu kali

10. Photo Blur Master: diunduh 100 ribu kali

4 dari 4 halaman

11-19 Aplikasi Jahat

11. Super Call Screen: diunduh 100 ribu kali

12. Square Blur Master: diunduh 100 ribu kali

13. Square Blur: diunduh 50 ribu kali

14. Smart Blur Photo: diunduh 500 ribu kali

15. Smart Photo Blur: diunduh 500 ribu kali

16. Super Call Flash: diunduh 100 ribu kali

17. Smart Call Flash: diunduh 50 ribu kali

18. Blur Photo Editors: diunduh 5.000 kali

19. Blur Image: diunduh 10 ribu kali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.