Sukses

Tak hanya Sate dan Rendang, Ini 5 Ide Olahan Daging Kurban yang Wajib Dicoba

Bosan dengan sate dan rendang, kamu bisa mencoba olahan daging lainnya, seperti sop iga hingga bakso bakar.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H yang jatuh pada Jumat (31/7/2020). Selain melaksanakan salat Ied, umat muslim juga menyembelih hewan kurban sebagai bentuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah.

Tentunya setelah daging dibagikan, kita akan memasaknya dengan berbagai macam menu untuk disajikan.

Umumnya, daging kambing dan sapi akan diolah menjadi sate atau rendang. Namun, agar hidangan pada Hari Raya Idul Adha tidak itu-itu saja, kamu bisa mencoba beberapa olahan daging kurban supaya tidak bosan saat menyantapnya.

Berikut beberapa ide memasak olahan daging yang bisa kamu coba di rumah.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dendeng Balado

Makanan khas Sumatra Barat ini dibuat dengan irisan tipis dan lebar dari daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Setelahnya daging disiram dengan sambal berwarna merah. Dendeng balado memiliki tekstur yang garing dan renyah.

3 dari 6 halaman

2. Bakso

Bakso menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba. Daging yang sudah diolah menjadi bakso bisa disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, bakso tersebut juga bisa diolah sesuai selera, seperti membuat bakso bakar.

4 dari 6 halaman

3. Sop Iga Kambing

Tak lengkap rasanya jika ada sate daging tanpa sop iga. Kamu bisa mengolah daging pada saat Hari Raya Idul Adha dengan membuat sop iga kambing.

Mengolahnya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus iga kambing bersama jahe, daun jeruk, dan daun pandan. Kemudian tumis bumbu halus, seperti jahe, cengkeh, dan kayumanis hingga aromanya harum. Lalu masukkan air hingga mendidih, tambahkan iga, tomat, wortel, dan bumbu sampai matang. Tambahkan taburan bawang goreng dan seledri agar rasanya lebih nikmat.

5 dari 6 halaman

4. Soto Padang

Olahan dengan kuah bening yang kaya rempah ini bisa menjadi pilihan di Hari Raya Idul Adha. Kuah bening yang terbuat dari kaldu sapi dengan campuran bumbu rempah di dalamnya. Tak lupa berisi dendeng daging sapi yang renyah nan empuk membuat olahan ini tak boleh absen saat Hari Raya Idul Adha.

6 dari 6 halaman

5. Nasi Goreng Kambing

Olahan santan saat Idul Adha kerap membuat kita bosan saat menyantapnya. Kamu bisa membuat menu yang praktis, yaitu nasi goreng. Tambahkanlah daging kambing agar lebih terasa sensasi Hari Raya Idul Adha. Cukup dengan memotongnya dalam bentuk kecil dan mencampurkannya ke dalam olahan nasi goreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.